Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Berdzikir dengan Kalimat Illahi Akan Membersihkan Hati

10 Mei 2021   09:21 Diperbarui: 10 Mei 2021   10:00 338 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berdzikir dengan Kalimat Illahi Akan Membersihkan Hati
Ilustrasi berdzikir/sumber: islampos.com

Islam sebagai Agama yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah Swt. Melalui Baginda Nabi Muhammad Saw, semua umatnya menjadi tahu bahwa islamlah yang telah mengajarkan sendi-sendi kehidupan anak manusia.

Islam telah mengajarkan bagaimana seharusnya pandangan dan sikap hidup seorang Muslim dalam menghadapi berbagai pokok persoalan yang dialami didalam kehidupannya.

Perlu untuk di ikrarkan diantara sikap hidup dilatih serta dikembangkan dalam kehidupan dan pergaulan sehari-hari agar menjadi kebiasaan dan mengakar kedalam kepribadiannya.

Ada beberapa kalimat Illahi untuk bersuci membersihkan segala kotoran hati seperti jumawa, takabur, ria, sum'ah dan sombong yang semua telah diajarkan didalam Agama Islam di antarannya:

1). Syahadat

Ilustrasi dzikir dan syahadat/sumber: pixabay
Ilustrasi dzikir dan syahadat/sumber: pixabay
Mengucapkan dua kalimat syahadat menjadi dasar utama dalam membangun kehidupan serta cita-cita. Ibarat menciptakan sebuah bangunan. Maka kalimat syahadat laksana pondasi utama.

Pondasi itu perlu diperkuat dan diperkokoh sehingga konstruksi bangunan yang ada diatasnya tidak mudah retak ataupun robek. Tidak lekang karena panas dan tidak lapuk karena hujan.

Persaksian dengan mengucapkan dua kalimat syahadat itu memiliki makna yang sangat penting bagi kehidupan seorang muslim. Sehingga terbentuklah kepribadian seorang muslim yang tanggub dan beridentitas Islam dimana pun dan dalam kondisi apapun.

"Isyhaduu bianna muslimuun (saksikanlah bahwa kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri kepada Allah (orang-orang muslim) Qs Ali Imran 64.

2). Bassmalah

Ilustrasi dzikir basmallah/sumber: shutterstock.com
Ilustrasi dzikir basmallah/sumber: shutterstock.com
Ketika memulai suatu pekerjaan yang baik. Ucapan bassmalah yang bersumber dari dalam lubuk hati secara ikhlas menunjukan pengakuan kita akan kuasa Allah Swt yang maha pengasih dan penyayang.

Kita harus menyadari sepenuhnya bahwa berhasil atau tidaknya suatu pekerjaan atau usaha yang kita lakukan tergantung atas kuasa Allah dan kehendak Allah Swt. Usaha dan perjuangan yang kita lakukan hanyalah sebagai suatu bentuk ikhtiar saja.

Setiap pekerjaan yang tidak dimulai dengan bassmalah akanterputus dari berkah dam rahmat Allah Swt.

3). Membaca Tahmid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x