Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Lebaran Sebentar Lagi, Wes Prepegan Durung?

7 Mei 2021   00:04 Diperbarui: 7 Mei 2021   00:08 543 16 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lebaran Sebentar Lagi, Wes Prepegan Durung?
Ilustrasi lebaran sebentar lagi/sumber: shutterstock

Lebaran sebentar lagi akan tiba hanya menghitung hari saja dari sekarang kurang lebihnya 1 minggu dan umat Islam akan merayakan lebaran 2021

Ngomong-ngomong tentang lebaran, rasanya sudah tidak sabar ingin cepet-cepet lebaran, karena kangen pengen mangan rujak kangkung bar nyadran ning tanggane sing sedepe nemen Haha..

Secara umum dalam menyambut lebaran biasanya jika ditempat Saya Brebes Jateng adat tradisi sudah sejak lama hingga kini masih menjadi andalan masyarakat Brebes. Salah satunya adalah belanja.

Ada beberapa persiapan didalam menyambut hari lebaran 1442 H, yakni diantaranya adalah saling memberikan gula teh antar tetangga sekampung. Selain itu ada pula yang sibuk membikin aneka jajanan kue khas lebaran.

Masyarakat Jubang-Brebes mungkin memiliki ciri khas tersendiri dalam menyambut datangnya lebaran. Bukan hanya membeli kebutuhan lebaran saja namun ada yang lebih spesifik yaitu membikin ketupat, lontong dan lainnya.

Lebaran sebentar lagi, belanja apa? Nah ini nih yang perlu untuk di ulas terlebih dahulu. Belanja banyak pokoknya seperti gula teh untuk dibagikan ketetangga dan selain itu ada 4 persiapan untuk lebaran.

1). Prepegan

Ilustrasi prepegan (borong-borong belanjaan)/sumber: shutterstock
Ilustrasi prepegan (borong-borong belanjaan)/sumber: shutterstock
Prepegan adalah bahasa didaerah Saya untuk borong-borong belanjaan khas lebaran seperti sayur mayur untuk dimasak sebagai sop saat dihidangankan pada ketupat dan opor ayam untuk menu makanan lebaran nanti.

Tradisi prepegan sudah sejak lama sebelum Saya lahir. Prepegan bisa juga berarti menyambut lebaran sebab secara khusus aneka belanjaan yang dibeli merupakan kebutuhan pokok lebaran.

Biasa lebaran kurang satu minggu warga masyarakat desa jubang ditempat Saya melakukan tradisi prepegan ini. Namun yang lebih ramai ketika lebaran kurang tiga hari, semua pasar didaerah Brebes ramai padat dikunjungi para pembeli.

Warga setempat justru kompak dan saling memberi support saat mau lebaran. Seperti contohnya menanyakan prepegan dengan tetangga yang sudah atau belum melaksanakan prepegan.

"Enggal bada sadelat maning, koen wes prepegan durung?" (Lebaran sebentar lagi, sudah borong-borong belanjaan belum..?" Seperti itulah arti bahasa jawa brebes dalam bahasa indonesia yang biasa ditanyakan para tetangga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN