Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Begini Cara Melatih Skill Selama Bulan Ramadhan

15 April 2021   01:43 Diperbarui: 15 April 2021   01:55 424 13 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini Cara Melatih Skill Selama Bulan Ramadhan
Ilustrasi target skill selama ramadhan dengan tadarus Alquran/foto: unsplash.com

Bulan Suci Ramadhan sudah memasuki hari ketiga, namun dikarenakan masih masifnya penyebaran Covid-19 ibadah dibulan ini tidak semeriah pada tahun-tahun yang telah berlalu selalu ramai seperti contohnya saat shalat tarawih.

Terutama Mushola dan Masjid dimana kedua tempat ini merupakan basis utama para muslimin muslimat menunaikan kewajibannya selama bulan Ramadhan.

Jam masih menunjukkan pukul 09.00 malam. Tapi suasana tadarus di tempat Saya sudah sepi. Biasanya sebelum Pandemi, paling akhir sampai jam 10.

Begitu pula di tempat lain semua sepi yang terdengar hanyalah suara jangkrik yang sedang berdzikir kepada Allah Swt.

Pada umumnya selain faktor capai juga karena faktor malas dan ini lumrah alias wajar. Mayoritas di kampung Saya adalah petani dan pedagang jika siang hari.

Seperti pada artikel sebelumnya bahwa Saya pernah mengungkap akan keistimewaan bulan suci Ramadhan yang penuh dengan pahala dan sangat-sangat beruntung bagi siapa saja kaum muslimin muslimat yang masih berjumpa dengan Bulan Penuh Berkah ini.

Seribu satu orang mau aktif beribadah selama Ramadhan. Faktornya karena Sibuk ya? Saya juga sibuk dan mungkin semua orang keknya punya kesibukan deh, lebih-lebih Saya tiap pagi hari harus pergi ke sawah yang sebentar lagi musim tanam padi untuk kedua kalinya.

Faktor malas, umumnya seperti itu sebagai alasan utama kebanyakan tidak mengikuti kegiatan selama bulan Ramadhan. Jika memang begitu, ini solusi agar target menambah skill selama Ramadhan tetap jalan, yaitu:

1). Mengerjakan Shalat Tarawih

Melatih Skill selama ramadhan niscaya susah dikerjakan sekalipun ringan akan terasa berat jika tidak biasa dilakukan sebagai contoh shalat tarawih hanya ramai di awal ramadhan.

Oleh karena itu dibutuhkan skill secara dini dengan cara istiqomah atau terus menerus. Hendaknya dipaksakan sekalipun malas karena hal ini sangat signifikan di dalam pribadi seseorang.

Shalat tarawih masih menjadi kendala bagi sebagian orang. Memang shalat ini merupakan salah satu shalat sunnah namun sangat dianjurkan sekali bagi umat Islam. Adapun waktunya sehabis shalat isa sampai waktu tiba saat sahur. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN