Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Inilah Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh

7 April 2021   11:15 Diperbarui: 7 April 2021   12:42 238 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan Tubuh
Kacang tanah hasil kebun disawah/foto: samhudi

Sapa sing ora kenal karo kacang tanah? Kacang jebrul dari bahasa Brebes ini atau kacang tanah merupakan jenis makanan wong Indonesia. Biasa untuk cemilan disaat santuy karo ngopi, medang dan temen disaat ngobrol bareng tamu.

Kacang tanah selain sebagai pelengkap bumbu dapur bagi emak-emak sing doyan nyambel biasa  sudah dalam kondisi sudah digoreng.  Dengan campuran ini akan mampu membuat lugetnya rasa sambel khas jenis sambal kacang trasi.

Seperti pada umumnya sering dijumpai dipasar-pasar baik berupa kacang yang sudah dikupas kulite sebagai snack makanan ringan siap saji seperti peyek, kacang asin, kacang rebus yang masih berkulit atau dikupas semua dihasilkan oleh para petani kacang dari sawah.

Kacang tanah ternyata bukan hanya sebatas untuk bumbu dapur dan cemilan saja namun lebih dari itu, ternyata kacang tanah bermanfaat juga loh untuk kesehatan. Tidak percaya? Coba simak ulasan Saya dalam artikel berikut ini.

Ketika kacang selalu disalah salah artikan pada umumnya. Banyak beranggapan bahwa kebanyakan mengkonsumsi kacang tanah dapat menimbulkan badan melar sehingga hal ini sangat dijauhi oleh para pelaku diet cewek umpamane.

Hamparan pohon kacang/foto: samhudi
Hamparan pohon kacang/foto: samhudi
Anggapan lain seperti timbul jerawat dimuka pun karena kacang jarene. Hal ini wajar saja sebab mereka belum mengetahui secara pasti kadar lemak dari kandungan kacang tersebut sehingga selalu salah perspektif hingga dihindari.

Ternyata dari semua itu tidaklah benar sebab menurut dari beberapa studi, justru kacang sangat bagus untuk kesehatan.

Kacang tanah yang dimaksud saya dalam hal ini adalah kacang yang termasuk kategori kelompok legume sebab berbeda dengan jenis kacang liar yang menjalar sering disebut juga dengan kacang sayur atau kacang panjang. Disamping kacang kara, kacang kenari, kacang mede yang semuanya merupakan jenis dari kacang-kacangan. Kacang tanah justru sebaliknya.

Mengkonsumsi kacang jebrul sangat baik untuk kesehatan apa bila cara mengkonsumsinya tidak over dosis dan tepat sesuai dengan takaran yang tepat.

Kacang tanah mengandung vitamin E disamping itu kacang tanah juga kaya akan lemak seperti asam folat, mangan, biotin, serat, magnesium dan sarat akan antioksiden. Oleh karena itu didalam kandungan nutrisi tersebut dapat berperan mencegah terjadinya resiko terhadap serangan penyakit jantung sebab terkadung aneka ragam nutrisi.

Kacang tanah baik untuk kesehatan tubuh/foto: samhudi
Kacang tanah baik untuk kesehatan tubuh/foto: samhudi
Sebuah penelitian telah menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kacang tanah sebanyak 140 gram perminggu secara rutin dapat menurunkan sekitar 35 % bagi penderita penyakit jantung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x