Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Bhinneka Tunggal Ika

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Overthinking dan Cara Mencegahnya

21 Maret 2021   20:39 Diperbarui: 21 Maret 2021   21:06 131 11 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Overthinking dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi gambar oleh unsplash.com

Overthinking dapat melanda siapa saja termasuk Saya. Sebab Saya adalah salah satu dari sekian banyaknya orang yang selalu memikirkan sesuatu sebelum bertindak lebih jauh agar tidak salah kaprah ke depannya di dalam memutuskan segala sesuatunya.

Namun, tidakah tahu bahwa overthinking itu merupakan kebiasaan buruk? Saya pribadi setuju jika suatu tindakan dimulai dengan sebuah pemikiran matang terlebih dahulu agar dikemudian hari tidak melakukan tindakan salah serta dapat menjadi motivasi dan terarah.

Apa itu overthinking? Overthinking adalah suatu istilah untuk menggambarkan tentang sosok perilaku seseorang dalam memikirkan segala sesuatu secara berlebihan yang dipicu oleh rasa kekhawatiran pada suatu hal. Umumnya datang dari permasalahan sepele yang dihadapi dikehidupannya sehari-hari sehingga menjadi masalah besar dan pada akhirnya menimbulkan gejolak trauma akut pada diri seseorang tersebut. Mengerikan bukan? 

Overthinking banyak ragam dan versinya sebagai contoh gampangnya adala menulis. Hal paling pertama dan utama dalam menulis yakni memikirkan ide, judul, narasi dan isi sehingga apa yang akan ditulis akan cepat tersajikan dengan baik, tapi jangan sampai berakibat overthinking hingga menjadi galau hehe..

Saya tahu bahwa untuk mengantisipasi dari segala kemungkinan yang bakal terjadi diperlukan pemikiran. Misalnya, akan menghadapi ujian semester, lomba, pidato dan lain sebagainya. Nah, pendapat overthinking positif semacam ini mungkin benar dan sangat diperlukan sekalipun beresiko pada diri sendiri.

Lain halnya saat Overthinking terhadap hal lain seperti memikirkan sang pacar, selingkuhan, janjian, atau lainnya, jelas hal ini malah berdampak buruk bagi kesehatan diri baik fisik maupun mental. 

Memikirkan sesuatu sebelum melakukan tindakan itu memang sangat baik sekali, yang tidak baik adalah memikirkannya secara overdosis atau berlebihan. Bahkan banyak orang beranggapan bahwa hal tersebut merupakan bentuk dari kehati-hatian sebelum memutuskan sesuatu. Padahal jika terlalu banyak memikirkan segala sesuatu secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

Sering kali mendengar orang mengatakan "mencegah lebih baik dari mengobati bukan? Nah pada Artikel kali ini Saya akan memberikan beberapa tips cara mencegah overthinking pada Anda.

1). Menulis

Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan dapat mempengaruhi aktifitas yang lain seperti bekerja, belajar dan tugas, oleh karena itu cobalah agar berhenti sejenak dan lakukanlah untuk meluapkan sesuatunya dengan menulis. Baik menulisi dikompiana, diary, atau buku harian yang dimilikinya. Luapkanlah disitu dengan menulis.

Segala unek-unek yang ada didalam pikiran coba hari itu bisa dituangkan kedalam bentuk tulisan. Akan lebih baik ketika luapan perasaan tersebut datang segera ambil buku dan menulislah.

Harapannya agar sedikit membantu dalam mencarikan solusi dari pemikiran tersebut sehingga beban pemikiran menjadi sedikit berkurang. Manfaat lain dari menulis ini akan menimbulkan kreatifitas berbeda dari sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN