Mohon tunggu...
Salwa RubiaDarussalam
Salwa RubiaDarussalam Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurnalistik tingkat 3 di Politeknik Negeri Jakarta

Halo! Saya menyukai hal yang berhubungan dengan K-pop

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Belajar Ilmu Parenting

18 Juli 2022   21:15 Diperbarui: 18 Juli 2022   21:18 173 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Ilmu parenting adalah ilmu yang mempelajari cara mengasuh, mendidik, dan membimbing anak dengan baik dan benar. Dan belajar artinya mempersiapkan diri kita ketika nanti sudah memiliki anak.

Untuk memahami suatu hal, terkadang kita perlu mempraktikkan terlebih dahulu agar paham dan merasakan langsung bagaimana melakukan hal tersebut. Sama halnya dengan mempelajari ilmu parenting, meski belum menikah, belajar untuk menjadi orang tua itu tidak ada batasan umur, tidak perlu menunggu punya anak dulu, misalnya.

Memperhatikan lingkungan yang terus mengalami krisis moral membuat geleng kepala, sebab dewasa ini anak-anak di bawah umur sudah mampu mengatakan hal yang tidak senonoh. 

Barangkali kebiasaan inilah yang menjadi perhitungan, agar kita peduli untuk mengupas betapa pentingnya kita (orang yang lebih dewasa) untuk mengajarkan anak (yang masih berada di usia emas, di mana mereka merekam dan mencontoh perilaku yang terpampang di hadapannya) untuk berperilaku baik.

Namun hal ini nyatanya masih luput dari para orang tua sebagai pengawas di rumah untuk membekali anaknya, sebab selain materi, anak juga perlu bekal berupa moral yang nantinya si anak bawa di mana pun berada.

Meski ketika anak sudah bersekolah pergaulan mereka berada di luar kontrol pengawasan orang tua, tentu ada cara pencegahannya, yakni dengan pembekalan sejak dini oleh orang tuanya di rumah.

Untuk mengajari anak, artinya kita (orang tua) harus belajar terlebih dahulu, mengetahui cara-cara untuk membekali anak dengan cara yang baik. 

Hal ini juga menjadi dasar pemahaman, bahwa belajar ilmu parenting harus dimulai sebelum kita punya anak, atau bahkan sebelum menikah, karena banyak sekali hal-hal yang perlu disiapkan untuk membentuk rumah tangga, mengingat kita akan menjadi ayah dan ibu nanti.

Dilansir dari riliv.com manfaat belajar ilmu parenting sebelum menikah yang perlu diketahui, antara lain adalah:

  • Mempersiapkan diri menjadi orang tua yang baik

Mengajarkan anak artinya kita siap terjun bersama mereka untuk mencontohkan langsung bagaimana berperilaku yang baik seperti apa, bagaimana kita mengontrol emosi kepada anak, yang mana kedua hal ini perlu dipersiapkan sebelum lahirnya anak. 

  • Belajar ilmu parenting a.k.a menambah pengetahuan baru

Karena ketika kita sudah menjadi orang tua, maka sudah tidak sempat untuk belajar. Dengan kehadiran si kecil saja sudah dapat menyita waktu dan tenaga. Tidak ada lagi waktu untuk memikirkan hal lain selain mengurus si kecil yang membutuhkan perhatian.

  • Mengasah dan meningkatkan keterampilan dalam mengasuh anak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan