Mohon tunggu...
Randy saluman
Randy saluman Mohon Tunggu... Lainnya - Nol tidak sama dengan kosong

DIGITAL MAKETING, ANALIS BUSINESS DEVELOVMENT, ENTERPRENEUR

Selanjutnya

Tutup

Cryptocurrency Pilihan

Mengapa Bitcoin Tidak Layak Sebagai Instrumen Investasi

4 Mei 2024   09:37 Diperbarui: 4 Mei 2024   09:56 279
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: canva.com/arba studio

Bitcoin, mata uang digital yang terkenal, telah menjadi subjek kontroversi sejak kemunculannya pada tahun 2009. Meskipun banyak yang melihatnya sebagai revolusi keuangan, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa Bitcoin tidak lebih dari sekadar kebohongan yang tidak memberikan manfaat sebagai instrumen investasi yang sah. Mari kita telaah mengapa Bitcoin mungkin bukan pilihan investasi yang bijaksana. 

Volatilitas yang Ekstrem

Salah satu alasan utama mengapa Bitcoin tidak cocok sebagai instrumen investasi adalah volatilitasnya yang ekstrem. Harga Bitcoin dapat melonjak atau jatuh secara signifikan dalam waktu singkat, tanpa peringatan atau alasan yang jelas. Ini membuatnya sulit diprediksi dan berisiko tinggi bagi para investor yang tidak siap menghadapi fluktuasi harga yang tiba-tiba dan ekstrim.

Tidak Ada Dasar Nilai Intrinsik

Bitcoin tidak didukung oleh aset fisik atau otoritas pemerintah. Hal ini berarti bahwa nilainya sepenuhnya bergantung pada permintaan pasar, tanpa dasar nilai intrinsik yang dapat menopangnya. Dibandingkan dengan saham atau aset tradisional lainnya yang memiliki nilai yang mendasarinya, Bitcoin cenderung menjadi lebih rentan terhadap manipulasi pasar dan spekulasi.

Risiko Keamanan yang Tinggi

Keamanan adalah masalah serius dalam dunia kripto, dan Bitcoin tidak terkecuali. Meskipun blockchain, teknologi yang mendasari Bitcoin, telah dianggap aman, serangan terhadap platform pertukaran dan dompet digital masih menjadi ancaman yang nyata. Banyak investor telah kehilangan Bitcoin mereka karena peretasan atau kegagalan teknis, menyoroti risiko yang melekat pada investasi dalam aset digital.

Tidak Ada Regulasi yang Konsisten

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi oleh Bitcoin adalah kurangnya regulasi yang konsisten di seluruh dunia. Ketidakpastian regulasi membuat investor rentan terhadap perubahan kebijakan yang tiba-tiba dan potensi tindakan hukum dari pemerintah. Tanpa kerangka kerja regulasi yang jelas, pasar Bitcoin rentan terhadap manipulasi dan aktivitas ilegal lainnya.

Tidak Cocok untuk Tujuan Jangka Panjang

Meskipun beberapa investor telah mencatat keuntungan besar dari pergerakan harga Bitcoin, banyak ahli keuangan percaya bahwa Bitcoin tidak cocok untuk tujuan investasi jangka panjang. Fluktuasi harga yang tinggi dan ketidakpastian pasar membuatnya sulit diprediksi dalam jangka panjang, dan potensi kerugian besar dapat menghancurkan portofolio investasi seseorang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cryptocurrency Selengkapnya
Lihat Cryptocurrency Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun