Mohon tunggu...
Saltina
Saltina Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA IAIN KENDARI

NAMA : SALTINA FAKULTAS : EKONOMI DAN BISNIS ISLAM PRODI : EKONOMI SYARIAH KELAS : D DOSEN : MIFTAHUR RAHMAN HAKIM, SEI, ME MATAKULIAH : PENGANTAR EKONOMI SYARIAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KENDARI (IAIN)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengantar Ekonomi syariah

30 September 2022   19:24 Diperbarui: 30 September 2022   19:27 75 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Mungkinkah agama menjadi dasar sistem         ekonomi dalam ilmu pengetahuan?

     Menurut pengetahuan saya, sangat di mungkinkan. Karena keterkaitan agama dan ilmu akan saling melengkapi dalam membangun suatu kehidupan yang baik bagi manusia dan seluruh kehidupannya. Sebagai kepercayaan dan aturan yang pasti untuk membimbing manusia dalam tindakannya terhadap Tuhan, orang lain dan terhadap diri sendiri. 

    Ilmu ekonomi sendiri dapat didefinisikan sebagai kajian tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan pemanfaatan sumber daya ekonomi untuk memproduksi barang dan jasa serta mendistribusikannya untuk di konsumsi sehingga ilmu ekonomi dapat di cakup oleh agama. Sebab, ia merupakan salah satu bentuk kehidupan manusia.

      Mengapa di katakan begitu, karena didunia Islam agama dan ilmu pengetahuan pernah menyatu membentuk suatu peradaban yang menakjubkan, serta saling menguatkan satu sama lain. Dalam konsep inilah yang dimana dalam masa sekarang dijadikannya suatu paradigma pengembangan ilmu pengetahuan Islam.

Alasan lainya yaitu antara akal dan Wahyu saling melengkapi satu sama lain dan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Jadi, ilmu pengetahuan dan agama juga saling melengkapi dan membangun suatu kehidupan yang baik bagi manusia dan seluruh kehidupannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan