Mohon tunggu...
salsa rosalinda
salsa rosalinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Aktif

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Kegiatan Selama Ramadhan 2022

10 Mei 2022   12:55 Diperbarui: 12 Mei 2022   11:34 493 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kisah Untuk Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Tak terasa Ramadhan 2022 telah tiba, hal yang paling dinanti-nantikan umat muslim untuk bertemu lagi pada bulan suci yang penuh berkah ini. Setelah sidang isbat yang telah di tayangkan pada televisi dan media lainnya, yang Alhamdulillah nya awal puasa ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 3 April 2022. Tak henti-hentinya bersyukur karena bisa berjumpa dengan bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini, Alhamdulillah. Berjumpa dengan bulan suci ramadhan kali ini sedikit berbeda dengan ramadhan sebelumnya, yang mana pada bulan suci ramadhan yang sebelumnya kita seluruh penjuru dunia diberi cobaan berupa pandemic Covid-19 yang sangat membatasi seluruh penjuru dunia takut untuk keluar rumah dan terus membatasi diri untuk melakukan aktivitas yang mengakibatkan kerumunan, karena pandemic yang sangat mewabah pada saat itu. Alhamdulillah ramadhan 2022 ini datang bersamaan dengan menurunnya wabah pandemic Covid-19, sehingga bisa melakukan aktivitas normal seperti semula.  

 Di malam itu, Saya dan keluarga berangkat untuk terawih berjama'ah di masjid. Sesampainya di masjid tersuguh pemandangan yang sangat jarang ditemui, yaitu tempat di masjid sudah hampir memenuh dengan orang-orang yang hendak melakukan sholat tarawih berjama'ah. Jam berlalu begitu cepat, tarawih usai Saya dan keluarga kembali ke rumah masing-masing. Pagi itu pun menjadi awal puasa, pukul 08.00 WIB saya terbangun setelah tertidur lagi setelah shalat subuh. Kebetulan hari minggu ialah hari libur kuliah, jadi saya lanjutkan dengan membantu orang tua membersihkan rumah. Sore pun tiba melihat keramaian di sekitar rumah banyak tetangga berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa dan banyak sekali anak-anak kecil yang bermain sambil menunggu berbuka puasa. Tak jarang juga, saya dan teman-teman berbuka puasa bersama di luar untuk menyambung silaturahmi di sela-sela kesibukan.  

 Di pertengahan puasa, saya dan keluarga mempunyai rencana untuk menikmati ramadhan dirumah nenek di Jawa Tengah. Saya dan keluarga pergi kerumah nenek pagi itu. Tak disangka sebelum pergi ke Jawa Tengah mendapat kabar bahwa ayah harus ke Bojonegoro dahulu untuk menyelesaikan urusan ayah dan baru lanjut ke Jawa Tengah. Alhamdulillah untuk hari ini di perjalanan yang sangat panas Saya dan keluarga masih kuat menjalankan puasa. Sesampainya di rumah nenek di Jawa Tengah suara adzan maghrib pun berkumandang, Saya dan keluarga buru-buru untuk membatalkan puasa dahulu bersama keluarga besar. 

 Waktu sahur pun tiba, saya dan keluarga bangun untuk melakukan sahur. Terdengar banyak segerombolan anak-anak kecil dan disusul segerombolan remaja seumuran Saya membangunkan sahur keliling kampung dengan membawa alat yang sudah di kreasikan untuk menghasilkan bunyi. Melihat dari jendela pemandangan saat subuh membuat saya terkesan. Pemandangan yang sangat masih asri dan udara yang sangat sejuk, gunung yang menjadi pemandangan yang sangat bagus. Saya dan saudara saya berkeliling kampung untuk melihat suasana di desa tersebut. Waktu berlalu, sadar bahwa akan kuliah saya dan saudara pun pulang. Pagi itu tidak ada zoom karena ETS (Evaluasi Tengah Semester). Setelah itu, saya dan keluarga membuat kue untuk disuguhkan saat lebaran.

 Tak terasa puasa ramadhan pun segera berakhir. Malam itu, suara takbir pun berkumandang. Setelah mendengar sidang isbat yang disiarkan di televisi dan media lainnya. Anak-anak kecil pun banyak bermain kejar-kerjar an dan bermain petasan di depan rumah masing-masing. Saya dan saudara bermain kembang api sementara keluarga besar yang lainnya berkumpul di teras rumah nenek bercerita tentang apapun hingga tertawa bersama sambil melakukan bakar-bakar ikan. Setelah keseruan itu berlalu, pagi pun tiba. Aku dan keluargaku bersama sama berangkat ke masjid sambil diiringi suara takbir. 

 Setelah shalat ied selesai, keluarga berkumpul di ruang tamu untuk sungkeman ke yang lebih tua dan saling memaafkan satu sama lain. Setelah itu berkeliling ke rumah saudara yang lain untuk halal bihalal dan menyambung tali silaturahmi. 

Sekian cerita Saya di bulan suci Ramadhan 1443 H tahun 2022 ini. Semoga ibadah saya maupun pembaca diterima oleh Allah SWT dan dapat berjumpa dengan bulan suci ramadhan selanjutnya.

Minal'aaidiin wal faaiziin, Mohon maaf lahir dan batin.

Nama : Salsa Widya Rosalinda 

NIM : 121210019

Kelas : B Manajemen 

Mata Kuliah : Pend. Agama Islam 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan