Mohon tunggu...
Salsa Rizqika Maharani
Salsa Rizqika Maharani Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dengan NIM : 20107030114

cinnamon rolls for sure👌

Selanjutnya

Tutup

Diary

Ngelantur di Siang Bolong

24 Maret 2021   12:25 Diperbarui: 24 Maret 2021   12:31 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

"belajar online sangat membosankan" itulah keluhan saya di setiap hari nya, untuk saya seseorang yang sangat senang berinteraksi dengan orang banyak, terkurung dalam rumah dan harus belajar sendirian itu benar benar membosankan, saya jadi tidak bisa melakukan hal hal yang seharusnya saya sudah pelajari di masa masa saya menjadi mahasiswa. Apalagi saya adalah seorang mahasiswa baru, saya belum pernah sekalipun menginjakan kaki di kampus saya bahkan untuk bertemu teman teman saya pun saya belum pernah, saya hanya bisa bertukar pesan melalui grup whatsapp atau mendengar suara mereka lewat google meet.

saya juga ingin sekali segera bisa berangkat ke kota yang saya akan tinggali kurang lebih 4 tahun kedepan, ohiya saya adalah orang jawa barat yang akan menetap di Yogyakarta untuk berkuliah, tapi kalo saya boleh jujur tujuan utama saya memilih kampus di kota Yogyakarta ini bukan untuk belajar, saya memang ingin sekali bisa merasakan tinggal sendirian jauh dari keluarga, bukan nya saya sengaja ingin menjauh kan diri dari keluarga dan tidak ingin lagi hidup dengan keluarga saya, bukan.. bukan itu maksud saya. Saya ingin menjadi pribadi yang lebih bisa mengatur hidup saya sendiri, ya lebih tepat nya menguji diri sendiri dengan tinggal jauh dari keluarga. Selain itu saya pengen bisa jalan jalan terus kalau lagi bosen, kalo di kota saya mana bisa jalan jalan mulu, ujung ujungnya pasti mall lagi mall lagi. 

Tapi saya jadi banyak pikiran setelah saya akhirnya memilih untuk tinggal jauh dari keluarga apalagi jauh dari ibu saya. 

"Bisa gak ya saya cuci baju sendiri?"

"bisa gak ya kalo mau makan harus bikin masakan sendiri?"

"bisa gak ya ngatur uang yang dikasih pas pasan ini buat sebulan?"

" bisa gak ya saya tidur sendiri di kost yang ala kadar nya?"

 FYI saya ini sebenernya seseorang yang penakut kalo harus tidur sendirian, ya takut aja gitu tiba tiba ada seseorang yang tiba tiba akan tidur di samping saya hahahaha.

Ohiya sebelum saya memilh berkuliah di Yogyakarta, saya punya pilihan lain, jadi saya ini kan gap years dua tahun, mestinya saya sudah semester 6 tahun ini, tapi karena dua tahun belakangan ada banyak hal yang terjadi di hidup saya makanya saya baru bisa deh kuliah pas dua tahun kemudian, tapi waktu dulu saya sudah mencoba berbagai tes masuk perguruan tinggi mulai dari sbmptn sampe tes mandiri saya jabanin. Tapi ya gitu gak ada yang nerima saya. Saya kadang menyesal kenapa saya dulu gak ambil PTS di Bandung yang nerima saya waktu itu, saya keterima di jalur rapot, kata temen saya sih masuk ke PTS itu lumayan susah, buktinya teman saya sampai test 4 kali tapi ga masuk hahahah! Giliran saya keterima lewat jalur rapot gak saya ambil, bodoh banget memang. Waktu itu saya gak tau kenapa bawaan nya ragu untuk kuliah di kampus itu, pikiran saya nanti kalau saya kuliah di kampus itu saya bukannya kuliah malah sibuk main mulu hahahaha.

Di dua tahun saya yang kerjaan nya haha hihi, jadi pas mau kuliah udah gak mikirin mau swasta atau negeri yang penting saya cepet lulus, saya ketinggalan jauh sama teman teman saya, jadi saya cuman daftar 2 kampus, satu PTN satu swasta. Tadi nya saya udah mau langsung swasta aja tapi saya kepikiran lagi kalo dari dulu kan saya pengen banget kuliah di Jogja, masa mau langsung ambil swasta di Bandung aja, pikiran saya Bandung kurang jauh dan lagian Bandung adalah kampung halaman saya jadi udah biasa aja vibes nya buat saya. Akhirnya saya memutuskan mendaftar salah satu PTN di Jogja, dengan semua kepasrahan diri saya dan tidak berharap banyak akan diterima, dan taraaaaaaaa saya keterima di PTN tersebut, pikiran pertama saya adalah bingung, saya benar benar tidak merasakan euphoria seperti teman teman yang lain nya ketika mereka berhasil lolos test, saya bingung bercampur dag dig dug kok bisa bisa nya saya keterima, pikiran seperti " nanti gimana deh nasib di yogya? Bakal jauh dong dari mama? " itu terus muncul dalam pikiran, sampai sampai saya gak ngasih tau ibu saya kalo saya keterima di PTN tersebut, karena saya jadi overthinking terus dan tiba tiba memikirkan nasib saya kalo jauh dari rumah akan jadi apa, lagian saya sudah lolos test di PTS swasta jadi saya mikirnya yaudah kuliah di Bandung aja bisa pulang sebulan 2 kali jadi saya ga ada niatan sama sekali buat ngasih tau ibu saya.

Disitu saya jadi ketakutan sendiri, mikirin kalo saya gak ngasih tau ibu saya bakal gimana, atau kalo saya bilang gak keterima terus tiba tiba ibu saya tau kalau saya keterima gimana? urusan pasti jadi panjang nanti, tapi setelah saya berdoa dan meminta petunjuk harus yang mana yang saya ambil, akhirnya saya memilih untuk tetap kuliah di Jogja dan memberi tahu ke ibu saya kalo saya keterim PTN di Jogja, tanggepan ibu saya gimana? Dia happy banget dia bilang dia bersyukur akhirnya saya bisa kuliah di kota yang saya suka! Saya jadi mikir dua tahun lalu saya nangis nangis sampai musuhan sama ibu saya gara gara saya minta kuliah di Jogja tapi ibu saya larang, katanya nanti takut saya aneh aneh, mungkin sekarang saya diterima karena ridho ibu juga kali ya, ibu saya ngeliat saya dua tahun haha hihi doang gak jadi kuliah mulu gara gara gak dibolehin jauh jauh, abis saya emang mau nya yang jauh mulu, malahan tadinya saya mau kuliah di bali dan tinggal bareng sama tante saya, biar saya bisa kepantai terus hahaha. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun