Mohon tunggu...
Salsabilla Rizka
Salsabilla Rizka Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKN-T Undip Ajak Anak-anak Mengenal Proporsi Data Covid-19 dan Disiplin Protokol Kesehatan

28 November 2021   16:09 Diperbarui: 28 November 2021   16:16 44 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pandemi COVID-19 telah terjadi di Indonesia selama kurang lebih dua tahun terakhir. Segala aktivitas baik dalam segi pendidikan, pemerintahan, maupun sektor sosial sempat terhenti dikarenakan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).  

Meskipun kasus COVID-19 terhitung menurun setelah sebelumnya melonjak pada pertengahan tahun 2021, tetapi tetap harus dilakukan kegiatan pencegahan terhadap virus COVID-19 agar tidak terjadi kembali kasus lonjakan. 

Untuk itu, Universitas Diponegoro mengusung kegiatan guna pencegahan COVID-19 melalui KKN Tematik dengan tema "Sinergitas Akademisi dan Pemerintahan dalam Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksin dan Pencegahan Penularan COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah".

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN Tematik ini, mahasiswa jurusan statistika atas nama Salsabilla Rizka Ardhana melaksanakan kegiatan KKN pada wilayah tempat tinggalnya yakni di Kelurahan Sendangmulyo. Kelurahan Sendangmulyo terletak dalam lingkup Kecamatan Tembalang Kota Semarang yang terdiri dari 32 Rukun Warga (RW).

Pada pelaksanakan program pertama yaitu pencegahan COVID-19 dipilih wilayah RW 23. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, masih ditemukan anak-anak yang beraktivitas dilingkungan rumah tanpa protokol kesehatan yang benar. 

Sebagai contohnya, anak-anak yang belum menyadari bahwa COVID-19 juga dapat terjadi pada mereka. Akibatnya, banyak ditemukan anak-anak yang bermain tanpa menggunakan masker, tidak menjaga jarak, dan tidak membersihkan diri dengan benar selepas beraktivitas dari luar.

Dengan mengangkat judul "Penyuluhan Perhitungan Proporsi Kasus COVID-19 guna Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan pada Anak-Anak RW 23" mahasiswa mengajak anak-anak RW 23 untuk meningkatkan kesadaran akan proporsi kasus COVID-19 pada anak-anak sehingga diharapkan dalam menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Program ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 November 2021 yang dihadiri 12 anak dari wilayah RW 23. Pengajaran yang dilakukan melalui penjelasan modul tentang proporsi kasus COVID-19 pada anak-anak. Selain itu, ditayangkan pula video edukasi mengenai cuci tangan yang benar dan cara membersihkan diri setelah beraktivitas dari luar serta penjelasan mengenai poster.

Program ini dilaksanakan setelah mendapat pengarahan dari dosen pembimbing yakni Ibu Cahya Dr. Cahya Tri Purnami, S.KM., M.Kes yang memberi masukan bahwa "Program yang ada sebaiknya sesuai dengan bidang saudara agar saudara lebih menguasai materi yang akan diberikan". 

Oleh karena itu, diambil edukasi mengenai proporsi COVID-19 pada anak-anak agar lebih meningkatkan kesadaran anak-anak bahwa kasus COVID-19 juga dapat terjadi pada mereka. Selain itu, pemberian materi juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak untuk menghitung proporsi dengan visualisasi diagram pie agar lebih menarik.

Setelah program dilakukan, salah satu anak (N) berpendapat bahwa "Program menarik, bisa mengetahui cara cuci tangan yang benar, dan sadar bahwa kalua bermain tetap mengikuti prokes". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan