Mohon tunggu...
Salsa Billa
Salsa Billa Mohon Tunggu... Mahasiswa - HAI

______ hai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Analisis Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga di Komplek Kireina Tanggerang Selatan untuk Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat

9 Juni 2021   08:56 Diperbarui: 9 Juni 2021   09:26 206 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Analisis Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga di Komplek Kireina Tanggerang Selatan untuk Mewujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat
Dokumentasi diperoleh dari Narasumber salah satu pengelola Bank Sampah Kireina (Selasa 08/06/2021 Pukul 10.17 WIB)

Hai Sobat!

Kalau ngomongin soal sampah apa yang ada dibenak kalian? kotor,jyjyk, atau malah bisa jadi peluang buat hasil tambahan? ngomongin soal sampah nih gimana kalau kita bahas dari segi lingkungan terdekat yaitu "Sampah Rumah Tangga". 

Menurut informasi dan berita yang beredar salah satunya dari TEMPO.CO,Jakarta menginformasikan bahwa Sampah yang ada di Indonesia 62% berasal dari rumah tangga lho!

Hal ini menyebabkan pencemaran lingkungan dimana-mana mulai dari lingkungan darat, lingkungan air, hingga lingkungan udara. Dampaknya dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, banyak pemandangan lingkungan sekitar yang tercemar oleh sampah dan berbagai permasalahan yang timbul disebabkan oleh limbah sampah. 

Di darat banyak kita jumpai sampah berserakan di tempat umum atau bahkan didepan rumah, dan jalan yang sering kita lewati. Parahnya ketika kita lihat sampah berserakan di perairan seperti di genangan selokan, sungai bahkan laut maupun pantai dan lingkungan perairan lainnya. Hal ini dapat merusak ekosistem dan mahluk hidup yang ada sebagaimana ilustrasi berikut:

Gambar diperoleh dari Instagram oleh @chacunsoncafe (Selasa 08/06/2021 Pukul 21.38 WIB)
Gambar diperoleh dari Instagram oleh @chacunsoncafe (Selasa 08/06/2021 Pukul 21.38 WIB)

Sebagaimana ilustrasi diatas menggambarkan keadaan mahluk hidup dilingkungan yang terdampak limbah sampah, bisa dibayangkan betapa jahatnya manusia hingga menyebabkan mahluk hidup lainnya menderita. Mengapa sampah-sampah tersebut bisa sampai disana? hal itu bisa terjadi karena adanya ulah oknum yang membuang sampah tidak pada tempatnya sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Membahas mengenai sampah, apakah kalian sudah membuang sampah tepat pada tempatnya? dengan membuang sampah pada tempatnya dapat menghindari dan mengurangi maraknya limbah sampah dilingkungan kita dan menjaga ekosistem perairan, darat, maupun udara. 

Perlu kita ketahui bahwa pengelolahan sampah yang tidak tepat juga dapat menyebabkan polusi udara, dengan membakar sampah ditempat umum misalnya, hal itu dapat menimbulkan asap dari pembakaran sampah yang cukup mengganggu bagi banyak orang karena dapat menyebabkan permasalahan yang cukup membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan seperti: menyebabkan gangguan pernafasan, bau yang tidak sedap, asap yang ditimbulkan dapat mengganggu penglihatan pengguna jalan, dll. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x