Mohon tunggu...
Salsabila Rosyada
Salsabila Rosyada Mohon Tunggu... Mahasisa KKN UNDIP TIM II 2020

Mahasisa KKN UNDIP TIM II 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memanfaatkan Waktu Luang saat Pandemi Covid-19 dengan Cara Budidaya Ikan dalam Ember

15 Agustus 2020   03:21 Diperbarui: 15 Agustus 2020   03:10 17 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memanfaatkan Waktu Luang saat Pandemi Covid-19 dengan Cara Budidaya Ikan dalam Ember
whatsapp-image-2020-07-27-at-00-22-37-5f36f179097f361f9c120ad2.jpg

Tembalang -- Mahasiswa Universitas Diponegoro tetap melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Namun, untuk tahun ini KKN dilaksanakan dengan sistem yang berbeda dari pada KKN yang diadakan sebelumnya, yaitu KKN yang dilaksanakan ditempat tinggal masing-masing dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Salah satu program KKN mahasiswa ialah Budidaya Ikan dalam Ember dan Tanam Kangkung dilaksanakan siang hari, pukul 13.30 WIB, bertempat di RT 02/RW 01 kelurahan Tembalang (26/7).

Dimasa pandemi virus corona ini menjadikan sebagian warga melakukan aktifitas sehari -- hari dirumah masing-masing. Mulai dari belajar, beribadah bahkan sampai kerja dari rumah. Kondisi pada masa pandemi virus corona ini secara tidak langsung berdampak pada perekonomian, dimana warga harus tetap memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan meminimalisir pengeluaran. Mahasiswa Undip memiliki solusi untuk mengisi waktu luang dan dapat memenuhi perekonomian warga ialah budidaya ikan dalam ember dan tanam kangkung. Budidaya ikan dalam ember dan tanam kangkung ini memiliki biaya yang terjangkau dan menjadi solusi untuk rumah yang memiliki lahan sempit atau terbatas tetapi ingin budidaya. Selain sebagai hobi dan mengisi waktu luang juga ternyata sangat bagus dalam pemenuhan ikan lele yang lebih sehat dan tidak mengandung kontaminasi bahan yang berbahaya.

Sosialisasi pengenalan budidaya ikan dalam ember dan tanam kangkung dilakukan terlebih dahulu dengan Warga RT 02/RW 01, seminggu setelahnya baru dilakukan pembuatan bersama warga. Soasialisasi ini menjelaskan terkait budidaya ikan dengan cara cukup mudah dan hemat. Pada hari dimama pembuatan budidaya ikan dalam ember dan tanam dilaksanakan Warga RT 02/RW 01 begitu bersemangat dalam pembuatan tersebut terutama ibu -- ibu.

Hal yang dilakukan pertama kali dalam pembuatan budidaya ikan dalam ember dan tanam kangkung, Alat yang perlu disiapkan yaitu: ember sebagai wadah budidaya, solder, cup es bekas/baru, paralon, lem paralon dan penutupnya dan yang terakhir yaitu kawat. Untuk bahannya ada benih ikan lele dan bibit kangkung. Pertama bolongi ember dengan solder dibagian bawah sesuaikan dengan diameter paralon, selanjutnya paralon diberi lem untuk merekatkan paralon dengan ember. Budidaya ikan dalam ember ini juga dipadukan dengan aquaponik sederhana yaitu dengan menanam kangkung diatasnya, jadi diatasnya itu ditanam kangkung dengan media rockwool didalam cup es yang dikasih kawat yang dikaitkan ke dalam ember.

"Harapannya dengan adanya sosialisasi dan praktik budidaya ikan dalam ember dan tanam kangkung ini, warga mau menerapkannya secara berkelanjutan, karena selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan ini bisa menjadi stok pangan sendiri juga sangat bagus untuk lingkungan dan kesehatan," tutur Saroji selaku Ketua RT 02 RW 01 pada Minggu (26/7).

Penulis: Salsabila Rosyada/Budidaya Perairan

Dosen Pembimbing: Dr. Ana Silviana S.H. M.Hum

VIDEO PILIHAN