Mohon tunggu...
Salsabila Melati Astri
Salsabila Melati Astri Mohon Tunggu... Mahasiswa Sastra Inggris, Universitas Diponegoro

Peserta KKN Tim II Universitas Diponegoro periode 2019/2020 Tangerang Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

UNDIP Adakan KKN Pulang Kampung, Mahasiswa Lakukan Edukasi New Normal dan Program Pengoptimalan UMKM dari Rumah

9 Agustus 2020   10:41 Diperbarui: 11 Agustus 2020   14:20 184 1 0 Mohon Tunggu...

Tangerang Selatan (08/08) Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tahun 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Universitas Diponegoro mengadakan KKN Pulang Kampung di daerah masing-masing peserta KKN Tim II Periode 2019/2020 mulai dari tanggal 5 Juli -- 15 Agustus 2020 dengan mengusung tema yang bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 yang Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)".

Selama pandemi COVID-19 berlangsung, KKN yang tadinya berbentuk kelompok berubah menjadi individu dan dilaksanakan di kampung halaman masing-masing mahasiswa serta dipantau secara daring dengan memperhatikan prosedur protokol kesehatan yang ditetapkan. Target masyarakat yang dipilih oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN online merupakan masyarakat RT 001/RW 009 perumahan Regency Melati Mas, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Tangerang Selatan merupakan salah satu kota dengan tingkat penyebaran virus COVID-19 yang tergolong tinggi, sehingga perlu adanya sosialisasi mengenai virus COVID-19 dan panduan menjalani new normal yang sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku untuk mendukung pencegahan penyebaran virus.

Salsabila Melati Astri, seorang mahasiswi Sastra Inggris Tim II KKN Universitas Diponegoro yang berlokasi di Tangerang Selatan tergerak untuk melakukan penyuluhan mengenai COVID-19 dan sosialisasi new normal di lingkungan RT 001, Kelurahan Pondok Jagung, Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan.


Pada hari Jumat (17/07), Mahasiswa melakukan edukasi dan diskusi terbuka mengenai COVID-19 dan protokol kesehatan dasar yang perlu dilakukan saat new normal serta memberikan panduan bekerja di kantor saat new normal dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dan program pertama mahasiswa KKN Tim II Undip disambut baik oleh ketua RT dan RW maupun masyarakat sekitar, "Good banget. Tante yakin proyeknya akan membawa manfaat besar bagi kompleks ini." ujar Bu Dokter Hanna, salah satu warga RT 001 setelah selesai penyuluhan new normal yang diberikan oleh mahasiswa melalui grup chat WhatsApp RT 001.


Setelah dilakukan edukasi mengenai pentingnya mengikuti protokol kesehatan dasar selama new normal melalui grup chat WhatsApp RT 001 pada hari Jumat, 17 Juli 2020, terpantau pihak RT 001 memberikan himbauan kepada petugas keamanan untuk menggunakan masker yang dilengkapi face shield untuk menambah perlindungan diri mereka ketika menerima tamu yang keluar dan masuk ke dalam perumahan Blok A RT 001 dan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di pintu masuk serta pos satpam Blok A RT 001 setiap hari pukul 8 pagi.


Selain melakukan sosialisasi mengenai COVID-19, mahasiswa juga membuat program pengoptimalan UMKM pada saat pandemi COVID-19 dan kampanye Support Small yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Tangsel dengan membuat videografis mengenai pengetahuan dasar seputar UMKM dan tips untuk mengoptimalkan bisnis beserta sosialisasi agar masyarakat mau membeli produk di lingkungan sekitar, contohnya toko kelontong, usaha warung makan warga sekitar, dan sejenisnya yang dilaksanakan pada hari Sabtu (08/08).


Warga sekitar juga diajak untuk berkreasi dan menguatkan perekonomian dengan memulai usaha UMKM, yang dapat berupa produk makanan, masker, atau produk apapun yang dapat dibuat di rumah dan tentunya mengikuti protokol kesehatan yang berlaku dengan menggunakan kampanye SupportSmall yang digaungkan oleh platform Instagram, maupun platform lain dalam rangka mendukung berjalannya UMKM.


Program ke-2 mahasiswa KKN Tim II Undip yang juga disambut baik oleh masyarakat sekitar, "Programnya cukup bagus, lumayan efektif untuk orang yang baru memulai (usaha UMKM)." ujar Bu Gina, salah satu pemilik UMKM di RT 001 setelah selesai penyuluhan edukasi pengoptimalan UMKM yang diberikan oleh mahasiswa melalui grup chat WhatsApp RT 001.


Semoga dengan adanya edukasi mengenai pentingnya menerapkan protokol kesehatan saat new normal serta edukasi pengoptimalan UMKM dapat membuat warga RT 001 menjadi lebih waspada dan menerapkan protokol kesehatan dasar saat melakukan kegiatan sehari-hari juga bersedia untuk bahu-membahu dan saling berkolaborasi dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat serta membantu pelaku usaha rumahan agar tetap bertahan dengan bisnisnya di tengah pandemi COVID-19.

Penulis: Salsabila Melati Astri

Pengulas: Jazimatul Husna,SIP.,M.IP (Dosen pendamping lapangan KKN Tim II Juli 2020)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x