Mohon tunggu...
Salsabila Roy
Salsabila Roy Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Do it with totality or leave it

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berbeda dan Bangga

22 September 2020   08:33 Diperbarui: 22 September 2020   08:43 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Teman, satu kata yang mungkin menurut oranglain biasa saja. Namun sangat amat berarti bagi saya. Selama saya hidup di dunia ini, saya tidak pernah terlepas dari kata teman. Disetiap jenjang hidup saya selalu saja ada satu, dua, tiga atau lebih orang yang akan peduli dengan kehidupan saya. Memiliki teman memang luar biasa. Kita memiliki tempat untukbertukar pikiran, mencurahkan isi hati atau hanya sekedar bercakap ria. 

Namun, tahu kah kalian bahwa saya agak takut jika membayangkan bagaimana nantinya kehidupan saya jika saya tidak memiliki seseorang untuk mencurahkan isi hati dan pikiran saya. Ya, karena saya makhluk sosial. saya, anda dan mereka. Kita membutuhkan oranglain untuk melanjutkan sisa umur kita. Maka dari itu, perlakukan teman anda dengan sebaik mungkin. Jadikanlah pertemanan anda seperti seekor lebah dan bunga. Karena tidak selamanya mereka bisa selalu disisi kita. Hargai selagi ada.

Pertanyaan:
1. Bagaimanakah Interaksi anda dengan teman berbeda suku Bangsa?
Interaksi saya dengan teman yang berbeda suku bangsa dengan saya sangat baik. Karena dalam memulai perteman, pertanyaan "kamu suku apa?" tidak pernah terucap dari mulut saya. Saya berteman dengan orang orang dari beragam suku dan agama tanpa mempermasalahka perbedaan yang ada.

2. Dapatkan kamu ceritakan sahabatmu sewaktu SMA? Apa perannya selama bersahabat dan apa kesan menarik dari Dia atau Mereka?
Masa SMK saya sangat luar biasa. Saat itu, saya memiliki sahabat sahabat yang selalu ada di titik terendah saya. Mereka semua luar biasa. Munkin mereka terlihat ceria dan selalu bahagia dari luar. 

Namun, masng masing dari mereka memiliki cerita hidup mendalam yang mendewasakan mereka. Dan saya bangga mereka dapat melalui hal ha itu. Walaupun saat ini hanya tersisa bebera orang saja yang masih sering berinteraksi denga saya, namun saya tidak akan melupakan masa indah di sekolah saya dengan mereka.

3. Apakah Anda menyadari bahwa anda hidup dalam kehidupan multibudaya Indonesia? Apak tercermin di kelas sewaktu di SLTA?
Iya, saya menyadarinya. Saya memiliki teman sekelas yang sukunya berbeda beda. Dan mereka semua mempunya logat dan ciri khas yang berbeda. Bahkan sering kali saya minta diajari bahasa daerah mereka dengan teman saya. Dan dengan senang hati mereka mengajari saya.

4. Apakah Anda setuju penggunaan Bahasa Daerah di sekolah?
Tidak, karena Indonesia memiliki berbagai macam suku dan bahasa yang berbeda. Sehingga apabila menggunakan bahsa daerah di dunia pendidikan maka akan menghambat komunikasi sesama murid atau guru dan murid. Karena adanya berbagai perbedaan tersebut, bahasa negara kita, bahasa Indonesia hadir menjadi penengah dari segala perbedaan yang ada.

5. Bagaimanakah pendapat Anda  tetang pembelajaran Suku Bangsa Indonesia dengan berbagai ragam aktivitasnya penting untuk dipelajari
Pendapat saya mengenai hal tersebut saya rasa pebelajaran tentang suku bangsa dan ragam aktivitasnya sangat menarik untuk dipelajari. Karena saat saya mengetahui keberagamaan itu, saya merasa bahwa saya telah membuka pintu dunia yang lebih luas dan baru.

6. Bagaimana seharusnya kita berinteraksi dengan teman yang berbeda suku bangsa?
Interaksi kita terhadap teman yang berbeda suku seharusnya tetap memperlakukan mereka dengan baik. Karena menurut saya perbedaan suku benar benar tidak mempengaruhi lingkaran pertemanan saya. Saya lebih mementingkan sikap mereka dalam berteman daripa "suku apa yang mereka miliki"

Selain itu menurut saya perbedaan itu indah karena kita dapat mengetahui suatu hal baru yang sangat unik dan menarik untuk dicari tahu.

7. Apakah Anda tertarik belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan materi berbasis multibudaya Indonesia?
Sangat tertarik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun