Mohon tunggu...
Salsabila Kurniasih
Salsabila Kurniasih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salsabila Kurniasih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa Undip Melakukan Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 dengan Konsumsi Vitamin dan Makanan Bervitamin

4 Agustus 2021   16:15 Diperbarui: 4 Agustus 2021   16:41 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Melakukan Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 dengan Konsumsi Vitamin dan Makanan Bervitamin
Gambar 1. Design halaman depan brosur (dokpri)

Bumiayu (04/08/2021). Kasus COVID-19 masih mengalami peningkatan. Terhitung pada 3 Agustus 2021, kasus positif COVID-19 meningkat sebanyak 33.900 kasus. Meningkatkan kasus dan munculnya varian baru, membuat beberapa wilayah kembali menjadi zona merah. Maka dari itu, masyarakat perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang merupakan salah satu kunci agar tidak tertular Covid-19.

Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meskipun tidak ada makanan ataupun suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi COVID-19. Sistem kekebalan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan diperlukan juga konsumsi makanan yang mengandung zat gizi seperti vitamin A, C, E, dan Zink

Untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi zat gizi, Salsabila Kurniasih selaku Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro, membuat program kerja “Pencegahan Penularan COVID-19 dengan Konsumsi Vitamin dan Makanan Bervitamin” di Desa Bumiayu, tepatnya di Bandung RT 06/RW 08 Desa Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Gambar 2. Design halaman belakang brosur (dokpri)
Gambar 2. Design halaman belakang brosur (dokpri)

Program kerja sosialiasi ini dilakukan melalui grup WhatsApp masyarakat RT 05-07. Informasi diberikan dalam bentuk brosur dan poster sehingga lebih mudah untuk dipahami. Informasi yang diberikan meliputi zat gizi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan Zink berserta peran masing-masing zat gizi dan makanan-makanan yang mengandung zat gizi tersebut. Poster sosialisasi ditempel di pos ronda supaya masyarakat yang tidak memiliki perangkat elektronik, yang dapat untuk mengakses WhatsApp, tetap mendapatkan informasi tentang sosialisasi ini.

“Terima kasih segala infonya…sangat bermanfaat”, tutur ibu RW. Dengan adanya program kerja ini, penulis mengharapkan agar masyarakat desa Bumiayu khususnya Bandung Bumiayu dapat menerapkan mengonsumsi vitamin dan makanan yang mengandung vitamin. Tujuannya agar dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah tertular COVID-19.

Penulis: Salsabila Kurniasih (Mahasiswa S1 Farmasi, Fakultas Kedokteran, KKN Tim 2 Universitas Diponegoro Tahun 2021, Desa Bumiayu, Kec. Bumiayu, Kab. Brebes)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Aminah S.H., M.Si.

Referensi:

Kementrian Kesehatan RI. 2020. Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN