Mohon tunggu...
Salsabila Nautisca
Salsabila Nautisca Mohon Tunggu... hii!

hiii!

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Belajar Hidroponik di Pagi Farm

22 Mei 2019   23:59 Diperbarui: 23 Mei 2019   00:11 0 0 0 Mohon Tunggu...
Belajar Hidroponik di Pagi Farm
dok pri

Ingin belajar teknik budidaya menanam sayuran tanpa menggunakan tanah? Anda dapat berkunjung ke Pagi Farm, yaitu sebuah unit usaha budidaya sayuran dengan menggunakan Teknik Hidroponik atau yang biasa kita kenal dengan menanam sayuran tanpa tanah dengan memanfaatkan air. Pagi Farm terletak di Cimahpar, Bogor, Jawa Barat.  

Proses penanaman sayuran dengan metode hidroponik diawali dengan memotong rokul berbentuk dadu berukuran 2 - 2,5 cm. Lalu lobangi rokul untuk menaruh bibit setelah itu basahi rokul dan taruh bibit sayuran yang akan ditanam. Selanjutnya pindahkan ke tempat penyemaian. Setelah 3 -- 4 jari bibit yang ditanam akan berubah menjadi daun sejati yang sudah dapat di pindahkan ke meja pertumbuhan. Nah, barulah langkah selanjutnya adalah perawatan. Terdapat racikan nutrisi agar tidak terjadi penggumpalan kimia atau pengendapam.

Keuntungan penanaman hidroponik adalah lebih unggul dari segi panen, hemat untuk biaya produksinya, jarak waktu lebih singkat, tidak memerlukan lahan yang luas, memberikan hasil yang lebih banyak, mudah dalam memanen hasil, ramah lingkungan, dan media tanam dapat digunakan berulang kali. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien jadi cocok untuk anda yang berada di daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Pagi Farm memproduksi berbagai macam sayuran yang higienis, sehat dan tanpa bahan kimia. Contoh produknya adalah sayur kangkung, sawi, pakcoy, kale dan sayuran lainnya. Dengan metode hidroponik masa panen akan lebih cepat. Hanya dengan 20 hari sayur-sayuran yang ditanam akan panen, dengan hasil yang segar dan higenis.

Untuk anda yang ingin menambah ilmu dan berlatih untuk menanam hidroponik, anda dapat berkunjung ke Pagi Farm yang berlokasi di Cimahpar, Bogor Utara.