Mohon tunggu...
Salsabila
Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Communication Student

Some ways of self development include simple tasks such as reading a book, trying something new, meditating, or even getting up early. For me, writing is my genuine enthusiasm.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Apa Itu Self Development dan Kenapa Itu Penting?

19 Agustus 2022   00:32 Diperbarui: 3 September 2022   00:02 264 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Photo by Curate Well Co on Pinterest

Apa Itu Self Development?

Self development atau pengembangan diri adalah semboyan yang sering digunakan oleh para cendekiawan, mentor, kolega, ataupun anggota keluarga. Tetapi apa sebenarnya artinya dalam kehidupan sehari-hari?  Pengembangan diri adalah ungkapan yang mengacu pada kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan bakat, potensi, perilaku, kepribadian dan sumber daya manusia melalui pembelajaran dan pengalaman yang dilakukan terus-menerus sehingga meningkatkan kapasitas atau kemampuan diri sampai pada tahap independensi.

Setiap manusia perlu evaluasi dan mengembangkan diri, karena itu memungkinkan mereka untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, memberi mereka keterampilan dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk menavigasi situasi apapun. Pengembangan diri tidak hanya mengacu pada peningkatan aspek kehidupan pribadi. Tetapi juga berlaku untuk pengembangan profesional dan langkah-langkah yang dapat memajukan karir ataupun memperluas pengetahuan.

Kenapa Self Development Itu Penting?

Kenapa kita membutuhkan pengembangan diri? Karena pengembangan diri memungkinkan manusia untuk memahami siapa diri mereka sebenarnya dan tujuan apa yang mereka ingin capai. Ini adalah salah satu kunci paling sederhana untuk mencapai kepuasan dan kebahagiaan seumur hidup.


Jika Anda bertanya-tanya kenapa pengembangan diri itu penting, berikut adalah beberapa manfaat dari pengembangan diri:

1. Meningkatkan Motivasi

Tetap termotivasi baik secara pribadi maupun profesional tidak datang secara alami untuk semua orang. Bahkan mereka yang sangat ahli dalam menemukan motivasi pun sering kali perlu mengacu pada tujuan pengembangan diri mereka agar tetap berada di jalur yang benar. Ketika Anda menyadari bahwa pengembangan diri adalah perjalanan yang harus dilakukan secara terus-menerus, maka Anda akan berkomitmen dengan perjalanan panjang tersebut, dan ketika Anda menghargai segala proses dari perjalanan tersebut, maka Anda akan selalu berusaha untuk menjaga dan meningkatkan motivasi yang ada. Motivasi juga berpengaruh sebagai pendorong perbuatan dan mengarahkan Anda mencapai tujuan.

2. Mereflekasikan Bakat dan Kekuatan

Manfaat lain dari pengembangan diri adalah memungkinkan Anda untuk merefleksikan bakat Anda, Bakat atau kekuatan yang anda miliki dapat menghasilkan hal positif bagi diri sendiri. Bakat atau kekuatan ini dapat berupa apa yang anda miliki, mulai dari pengalaman, pengetahuan, skill, ataupun good attitude. Dalam mencari kekuatan di dalam diri, Anda bisa mempertanyakan hal-hal berikut :

  • Apa bakat yang anda punya?
  • Apa yang membuat anda berbera dengan orang laik?
  • Talenta apa yang anda miliki?
  • Bagaimana pandangan orang lain terhadap bakat atau kekuatan anda?

Saat merenungkan proses pembelajaran pengembangan diri, renungkan bakat yang saat ini yang Anda miliki selain bakat yang Anda inginkan. Ini dapat bertindak sebagai petunjuk jika Anda perlu fokus untuk mengembangkan keterampilan tertentu di masa depan.

3. Self Awareness (Kesadaran diri)

Pengembangan diri akan membawa Anda untuk mengenal diri Anda yang sebenarnya. Dalam hal ini, kesadaran diri adalah faktor pertama yang perlu dimiliki agar bisa mengembangkan diri sendiri. kesadaran diri juga bisa dinilai sebagai perhatian secara terus menerus terhadap batin seseorang, mengamati dan menggali pengalaman, refleksi diri, dan memahami emosi. Memiliki kesadaran diri yang baik dapat membentuk seseorang untuk mengetahui batas kemampuan yang dimiliki.

4. Membuat Hidup Lebih Terarah

Setelah Anda memiliki kesadaran yang terus meningkat setiap hari, dan selalu mengevaluasi diri maka seiring berjalannya waktu Anda akan mendapatkan apa yang selama ini Anda inginkan dalam hidup. Hal tersebut membuktikan bahwa Anda sudah terarah dan tau tujuan dari hidup Anda. Dengan merasa lebih terarah, Anda akan lebih mudah untuk membuat keputusan-keputusan penting, lebih mudah dalam mengatur waktu dan lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan. Pengembangan diri dan rasa lebih terarah akan mengalihkan fokus Anda ke hal-hal yang lebih bermanfaat. Rasa lebih terarah akan membuat Anda menjadi pribadi yang tidak pernah mengabaikan pentingnya waktu, sehingga selalu menggunakan waktu dengan sebaik mungkin. Pengembangan diri akan memberikan Anda makna, tujuan dan arah yang pasti untuk kehidupan. 

5. Menciptakan Hubungan Baik dengan Siapapun

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan