Mohon tunggu...
Salsabila A.
Salsabila A. Mohon Tunggu... Mahasiswa - An undergraduated student majoring in Communication Studies

Im interested in film and tv, directing or writing, and photography. film and writing play a big part of my life, it’s one of the few things i see myself enjoying for the rest of my life. If you like or share the same interest or just want to talk about it i really appreciate it! Let’s be friends on instagram and linkedin!

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021: Gemerlap Bumi Papua

27 Juli 2021   13:06 Diperbarui: 27 Juli 2021   13:32 267 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021: Gemerlap Bumi Papua
Gambar oleh Sally Wilson (Pixabay)

Apakah anda tahu? olahraga secara umum adalah salah satu aktifitas fisik ataupun psikis yang berkhasiat untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Olahraga mempunyai kadar tertentu yang bisa menyumbangkan konstruksi mutu dan budaya dalam masyarakat. 

Olahraga tidak hanya dapat dilakukan oleh individu ataupun kelompok olahraga, tetapi juga dapat diselenggarakan oleh negara dalam bentuk kompetisi. 

Nah, bicara soal olahraga, Pekan Olahraga Nasional atau PON ke 20 akan diselenggarakan pada 2 s/d 15 oktober 2021 di wilayah timur Indonesia yaitu di Jayapura, Papua.

Konkretisasi hajatan terbesar di tanah air ini merupakan sejarah bagi Indonesia, karena kali pertamanya Papua menjadi tuan rumah PON. 

Papua berhasil mengalahkan Bali dan Aceh untuk menjadi tuan rumah PON XX dan memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 dengan merengkuh 66 suara pada Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). 

Ajang Olahraga ini merupakan harapan baru dari pulau Surga Kecil yang Jatuh ke Bumi untuk menjadi Mentari Harapan Baru dari Timur.

Keayuan buana dan budaya Papua menjadi sripanggung dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ini. Perpaduan indahnya alam dengan budaya papua bersinergi menjadi satu yang membuat daya tarik tersendiri dalam merealisasikan pesta olahraga terbesar di Indonesia.

Karena pandemi, penyelenggaraan PON XX yang seharusnya digelar tahun 2020 itu ditunda sampai 2021. Kini Papua sedang bersiap untuk menggelar acara multiguna ini dengan megah dan tentunya mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang berlaku.


Sekilas tentang Papua


Papua adalah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua sebelumnya bernama Irian Jaya yang mencakup seluruh wilayah Pulau Papua. Sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi, dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. 

Papua memiliki segala keindahan alam yang tak habis-habisnya. Bicara soal papua, Apa yang terlintas di benak anda? Siapa sih yang tidak tahu Raja Ampat? Pernah dengar Taman Nasional Teluk Cenderawasih? Atau danau terbesar di Papua, Danau Sentani? Tahukah anda, diantara 7 (tujuh) puncak gunung tertinggi di dunia, salah satunya ada di pegunungan Jayawijaya, Papua. 

Pegunungan Jayawijaya adalah rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia, dengan puncak tertingginya yaitu Puncak Jaya (4.884 meter dari permukaan laut). Puncak Jayawijaya yang memiliki salju abadi dengan puncak gugusan karstnya, dikenal dengan Seven Summit (Puncak Kartens / Carstensz). Keindahan berbagai tempat wisata di Papua menjadi berbagai seri penunjukan kebudayaan tematik PON ke-20 bersama dengan masing-masing cabang olahraga PON XX.

Tempat penyelenggaran PON XX PAPUA 2021


Stadion Lukas Enembe merupakan venue utama PON XX Papua 2021. Stadion ini menjadi lokasi utama peyelenggaraan, dari upacara pembukaan sampai dengan penutupan. Terdapat 3 (tiga) lokasi yang dijadikan tempat penyelenggaraan 37 cabang olahraga yaitu di Kabupaten Mimika, Kabupaten Marauke, Kabupaten Jayapura dan di Kota Jayapura.

Stadion ini berlokasi di Kampung Harapan, Kelurahan Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Stadion kebanggaan masyarakat Papua ini mempunyai kapasitas lebih dari 40 ribu penonton, seluruh fasilitas stadion telah berstandar Internasional. 

Stadion ini juga disebut - sebut sebagai stadion terindah di Indonesia, dilengkapi dengan ornamen khas papua serta lampu berwarna - warni yang memancarkan keindahannya pada malam hari.

Keamanan gelaran PON XX 2021


Dilansir dari situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano pastikan Papua siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2 s/d 15 Oktober mendatang. 

"Saya memberitahu kepada para gubernur, 33 KONI provinsi di seluruh Indonesia dan para atlet bahwa Papua aman, Papua damai, dan Papua siap untuk menjadi tuan rumah PON," kata Benhur saat menjadi narasumber dalam acara Forum Merdeka Barat 9 secara virtual dengan tajuk "Mengintip Kesiapan PON XX Papua". 

Dengan demikian, Benhur memastikan bahwa PON Papua dapat berjalan lancar karena pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di empat klaster PON yang terus dilakukan. Hal tersebut diharapkan bisa mencegah risiko penularan selama ajang tersebut berlangsung. Benhur juga menyebutkan, venue-venue di empat klaster PON sudah tuntas 100 persen dan siap digunakan. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu keamanan di Papua.


Fasilitas dan Akomodasi Transportasi untuk Atlet PON XX Papua 2021


Dilansir dari Indonesia.go.id, Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Kemenko Polhukam) menyatakan siap membantu akomodasi pelaksanaan PON XX Papua, pada Oktober 2021.  Bantuan dimaksud dengan menginstruksikan lembaga setingkat kementerian di bawahnya untuk mendukung transportasi serta tempat penginapan terapung bagi atlet dan ofisial dari seluruh provinsi. 

Sementara itu, Panitia Besar Bidang Akomodasi PON Papua terus fokus mempersiapkan akomodasi bagi peserta PON XX yang akan hadir pada perhelatan event empat tahunan itu, dengan menginventarisasi seluruh akomodasi yang tersedia seperti hotel berbintang hingga melati. 

Termasuk akomodasi milik pemerintah, yayasan, dan swasta. TB Adi Lukman juga mengatakan Garuda siap menambah jumlah penerbangan dan menyediakan pesawat charter jika diperlukan selama event PON Papua. Kerja sama ini diharapkan bisa menyukseskan pesta olahraga terbesar di Indonesia yang berlangsung tahun ini.

Kemenpolhukam akan membantu menyediakan alat transportasi pesawat Hercules bagi atlet dan ofisial yang membawa alat kelengkapan dan kapal untuk menjadi hotel terapung di Papua. Sedangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun lima unit tower atau rumah susun (Rusun) untuk mendukung akomodasi dalam pelaksanaan PON XX Papua, pada Oktober 2021. 

Kini, jumlah keseluruhan rusun yang disiapkan untuk para atlet maupun ofisial tim sebanyak 15 rusun. Seluruh pelayanan dan fasilitas yang ada di semua rusun akan setara dengan hotel bintang tiga.

Terkait kesiapan akomodasi, Ketua Harian Pengurus Besar (PB) PON XX Papua Yunus Wonda memastikan bahwa jumlah tempat tidur dan penginapan yang tersedia mencukupi untuk menampung 6.496 atlet dan 3.247 orang ofisial.

Dengan adanya PON XX 2021 tentunya membawa dampak baik bagi bumi Papua. Acara yang hadir 4 (empat) tahun sekali ini menjadi momentum yang memperlihatkan kepada masyarakat dan dunia konfigurasi Papua sebagai Mentari Harapan Baru dari Timur di masa pandemi saat ini. Papua tak hanya lahirkan atlet kelas dunia, tetapi juga memajukan pariwisata berbasis alam dan budaya. Semoga sejarah bagi bumi Papua ini bisa terlaksana dengan aman dan baik.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN