Mohon tunggu...
Salsabila Aden
Salsabila Aden Mohon Tunggu... Lainnya - Sasa

Dahulukan urusan akhirat insyaallah duniamu mengikuti 😊

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berbagai Jenis Tempramen Anak dan Cara Menanganinya

28 September 2021   18:46 Diperbarui: 28 September 2021   18:51 88 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Berbagai Jenis Tempramen Anak dan Cara Menanganinya
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum, hai teman-teman. Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu diberi kesehatan dan dalam lindungan Allah SWT.

Di artikel ini aku akan membahas tentang "Apa sih Temperamen? Apa saja sih jenis tempramen? Dan bagaimana menangani tempramen anak?"

Temperamen adalah kepribadian yang menentukan bagaimana anda bereaksi terhadap peristiwa dalam hidup. Umumnya, temperamen adalah karakter yang sudah ada dalam diri seseorang sejak lahir. Orang yang pemarah disebut orang yang temperamental.

Dalam psikologi, temperamen adalah gaya dan karakteristik perilaku individu dalam menanggapi sesuatu. Temperamen seseorang biasanya sudah terlihat sejak kecil. Di Indonesia, orang yang pemarah atau pemarah sering disebut orang yang pemarah.

Temperamen anak merupakan gaya perilaku anak yang menentukan reaksi terhadap situasi tertentu. Maksudnya tempramen pada anak menggambarkan bagaimana anak memberikan respon pada sesuatu atau hal-hal yang baru mereka temukan. 

Hal tersebut termasuk bagaimana anak mengekspresikan dan mengatur emosi terhadap hal-hal di hadapannya. 

Nah, temperamen ini sudah ada sejak masa kanak-kanak. Lantas, apa saja jenis tempramen anak, dan bagaimana pola asuh yang tepat untuk mengatasinya? Ibu wajib mengetahui, ini beberapa jenis tempramen anak dan pola asuh yang tepat.

  • Tempramen Difficult

Anak dengan temperamen sulit ini sulit beradaptasi dengan lingkungan baru. Anak dengan kepribadian ini memiliki emosi negatif dan sering menangis. Orang tua yang sering memiliki anak dengan temperamen buruk ingin tahu apakah ada masalah dengan pertumbuhan mereka. Namun, anak-anak dengan kepribadian ini memiliki tekad dan semangat, lho.

Bagaimana menghadapinya? Salah satu kunci utamanya adalah kesabaran. Untuk melahirkan anak dengan kepribadian ini memang membutuhkan kesabaran ekstra dan penuh tantangan.

Orang tua perlu memahami bagaimana perasaan anak mereka ketika dia merasa kesulitan dan memicu reaksi berlebihan. Saat anak pilih-pilih, ibu juga perlu menjaga sikap, jangan sampai membentak, apalagi memukulinya. Disarankan agar ibu tetap tenang, atau diam saat bersamanya, hingga emosi anak mereda.

  • Temperamen Slow to Warm Up

Bagaimana menghadapinya? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan