Mohon tunggu...
Salma TyasSalsabila
Salma TyasSalsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa dan pemerhati kesehatan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Ubah Jelantah Menjadi Berkah! Mahasiswa KKN Undip Membuat Lilin Aromaterapi Pengusir Nyamuk dari Minyak Jelantah

8 Agustus 2022   14:46 Diperbarui: 8 Agustus 2022   14:57 303 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Demo dan Sosialisasi Pembuatan Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelantah kepada Ibu-Ibu PKK RW 06 Kelurahan Bringin, Kota Semarang. Sumber: Dokumen Pribadi

Bringin, Semarang (8/8/2022). Maraknya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang, khususnya di Kelurahan Bringin telah menjadi perhatian. Kejadian ini bahkan membuat dua orang anak kehilangan nyawa di RW 06 Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan. 

Beragam upaya pencegahan DBD telah gencar dilakukan, antara lain pemberlakuan Pemberantasan Jentik Nyamuk (PJN) rutin, penggalakan 3M Plus (Menguras, Menutup, Menutup, dan Mendaur Ulang Barang Bekas), serta pemaparan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). 

STBM   merupakan     pendekatan     untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan  masyarakat  dengan  metode pemicuan. 

Lima pilar STBM yang dilakukan untuk perubahan perilaku masyarakat yaitu 1) stop buang air besar sembarangan; 2) cuci tangan pakai sabun; 3) pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga; 4) pengamanan sampah rumah tangga; dan 5) pengamanan limbah cair rumah tangga. 

Terdapat beberapa potensi di wilayah ini, seperti bank sampah dan taman toga yang dikelola dengan baik, namun terdapat pula limbah minyak jelantah yang masih belum dapat diolah. 

Pengecekan Suhu Lilin untuk Membuat Aroma Lilin Lebih Keluar. Sumber: Dokumen Pribadi
Pengecekan Suhu Lilin untuk Membuat Aroma Lilin Lebih Keluar. Sumber: Dokumen Pribadi
Berdasarkan hasil diskusi dengan Ibu RW 06 serta Ketua Kader PKK RW 06 mahasiswa KKN TIM II Undip Salma Tyas Salsabila (21) dari Jurusan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro melakukan demo pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah melalui program "Pembuatan Lilin Aroma Terapi Pengusir Nyamuk dari Minyak Jelantah sebagai Langkah STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) untuk mengurangi kejadian DBD, Stres, dan Stunting". 

Program ini telah dilaksanakan pada Minggu, 24 Juli 2022 di Taman Toga RW 06 Kelurahan Bringin. Program ini diselenggarakan sejalan dengan dilakukannya kerja bakti taman toga dalam rangka mempersiapkan perlombaan taman toga RW 06 Kelurahan Bringin, Kecamatan Ngaliyan.

Program kerja ini dihadiri oleh para ibu-ibu PKK di RW 06 yang mengikuti demo dengan sangat antusias. Selain dilakukan demo, dibagikan pula leaflet yang menjelaskan terkait aroma terapi, alat bahan, dan langkah-langkah pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah yang diberi nama "Aretah". 

Pemberian leaflet ini dilakukan sebagai upaya keberlanjutan program kerja agar ibu-ibu PKK dapat memahami dan mencoba membuat lilin aroma terapi dari minyak jelantah secara mandiri.

Leaflet
Leaflet "Aretah" Selaku Upaya Keberlanjutan Program Kerja. Sumber: Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan