Mohon tunggu...
Salma Octavia
Salma Octavia Mohon Tunggu... Salma

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kisah Inspiratif Mahasiswi Kedokteran Hobi Memasak hingga Berjualan

28 Desember 2020   20:12 Diperbarui: 28 Desember 2020   21:01 476 19 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Inspiratif Mahasiswi Kedokteran Hobi Memasak hingga Berjualan
Produk Rice Box milik Hana “Literally Enak”

Yogyakarta (28/12/2020) -- Hanna Safira (21) adalah seorang mahasiswi kedokteran gigi disalah satu universitas swasta Yogyakarta dan berasal dari Kota Depok, Jakarta. Hanna berasal dari keluarga yang serba berkecukupan. Sehari - harinya menjalani aktivitas selayaknya mahasiswi kedokteran yang sangat sibuk dengan ujian kedokterannya. Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswi kedokteran, Hanna berjualan rice box beef (nasi kotak isi daging), kebab, dan dendeng sapi balado.

"Waktu itu memang sudah mulai jualan dari semester 1, tapi masih plin plan gitu. Mau jualan apa ya? Mulai dari snack pisang, kerudung, kebab, terus masih banyak lagi dan akhirnya jualan rice box" ujar Hanna.

Awal mula memulai berjualan, Hanna menjajakan kripik pisang di kelasnya, akan tetapi setalah beberapa hari berjualan kripik pisang tersebut, ia merasa sangat kurang sekali peminat pembeli sehingga tidak begitu laku. Kemudian Hanna memutuskan berhenti berjualan keripik pisang dan mulai mencari ide lain untuk berjualan. 

Hingga akhirnya, muncul ide untuk berjualan kerudung akan tetapi, lagi-lagi ia tidak dapat konsisten untuk berjualan kali ini serta ia tidak bisa mengikuti trend fashion yang ada sekarang ini, serta untuk berjualan hijab customer (pembeli) yang didapat hanya dari kalangan teman-teman wanitanya saja sehingga akan menimbulkan sepi peminat lagi. 

Lalu terpikirkan oleh-nya untuk berjualan kebab. Hanna mulai berjualan kebab di kelasnya pada pagi hari dimaksudkan untuk sarapan teman-temannya dikelas. Sehingga ia harus mulai bangun pagi untuk membuat kebab dan selalu berangkat lebih awal agar dapat menjajakan jualannya sebelum kelas dimulai dan teman-temannya dapat sarapan terlebih dahulu.


"Sebenernya saya itu hobi sekali memasak, kalau dirumah suka banget mencoba resep-resep baru" kisah Hanna

Karena hobinya yang memasak itu Hanna sering kali berbagi resep dan cara membuatnya di salah satu platform pribadinya. Terkadang ia juga membuat sebuah video setelah masakannya sudah jadi dan di unggah ke platformnya, tidak sedikit juga teman-temannya yang berkomentar ingin mencicipi bagaimana rasa makanan yang telah dibuatnya.

Mulai dari situ ia terpikirkan untuk membuat dendeng balado untuk dirinya sendiri lalu kemudian, meminta tolong kepada teman-temannya untuk mencicipi dendeng tersebut untuk diberikan review (ulasan) dari dendeng tersebut. Ternyata komentar yang di berikan oleh teman-temannya sangat positif sekali dan memintanya untuk berjualan dendeng balado. Adanya respon positif tersebut ia akhirnya memutuskan untuk mulai berjualan dendeng balado.

Kemudian ia mencoba untuk menambah menu baru untuk jualannya dan ia membuat menu rice box beef. Menu baru kali ini adalah berupa nasi box yang berisikan daging sapi yang telah dibumbui dan sayuran seperti wortel dan buncis yang sudah direbus. Namun, tidak disangka menu barunya kali ini sangat disukai dikalangan teman-temannya dan menjadi makanan best seller (produk andalan).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN