Mohon tunggu...
Salman Unram
Salman Unram Mohon Tunggu... Tuntut dan sebarkan ilmu yang bermanfaat bagi sesama.

Teknik Mesin solidarity forever.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Ayo Membuat Material Cerdas

17 Juni 2021   12:07 Diperbarui: 17 Juni 2021   12:13 74 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Membuat Material Cerdas
Elektronik fleksibel (Foto: https://moneyinc.com/flexible-electronics/)

Mainan Slime yang dikepal-kepal anak-anak jika ditambahkan bahan bubuk lainnya seperti gypsum atau semen akan mengubah Slime tersebut menjadi material baru yang memiliki sifat yang unik dan berbeda dengan slime dan penyusunnya. Selebihnya tinggal disesuaikan penggunaannya nantinya di bidang apa.

Begitulah salah satu sejarah munculnya material-material baru kadang melewati sejumlah percobaan dan penelitian yang peruntuknnya belum ditetapkan pada awalnya melainkan setelah tercipta baru dicarikan di bidang mana layak diaplikasikan.   

Berenang dalam lingkungan material cerdas

Tanpa kita sadari sejumlah produk komersial dan peralatan di sekitar kita adalah sebenarnya hasil dari modifikasi dan penemuan material baru bernama material cerdas. Benda-benda tersebut dari keperluan bayi sampai orang dewasa, dari sepeda sampai pesawat antariksa, dari makanan sampai kosmetik, dari hiburan sampai telekomunikasi hampir tidak ada sektor kehidupan yang tak tersentuh material cerdas. Jika mau dibuat list produk dan penggunaannya akan menyita halaman kertas berlembar-lembar.

Coba lihat apa yang ada di depan atau di atas meja anda atau yang anda pakai. Seperti gelas minuman dari polimer beserta sedotannya, kabel laptop, keyboard laptop, gantungan kunci, tas, pulpen, catmeja, kertas dan pembungkusnya dll. Bahkan dalam laptop dan pulpen anda sendiri seabreg material cerdas ada di sana,

Sifat unggul

Material cerdas atau smart material adalah material hasil penemuan secara bertahap oleh akademisi dan praktisi industri, jasa, kesehatan, olah raga, makanan, mainan, astronomi dan militer yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan pemakai jasa teknologi.  

Material-material tersebut diperoleh atau diproduksi dengan cara memodifikasi material yang sudah ada. Material cerdas memiiliki sifat sesuai yang diinginkan penemunya. Sehingga setiap  material cerdas membawa sifat yang berbeda dengan material lainnya Ada material yang diinginkan dengan kekuatan yang besar, rasio densitas yang tinggi, kekerasan yang lebih besar, unggul dari segi termal, elektrikal, optikal atau unggul secara kimiawi.

Sejarah perkembangan penemuan material cerdas bisa dikatakan seumur dengan sejarah manusia itu sendiri. Namun secara umum penemuan material sintetis membuka lebar pintu pengembangan material cerdas yang multifungsi. Apalagi ketika menggema Revolusi Industri (Manchester, 1950) yang ditandai dengan munculnya mesin uap, nylon, TNT, dan DDT memberikan dampak yang besar pada evolusi material.

Selanjutnya secara luas pemakaian material cerdas diterapkan di sejumlah sektor kehidupan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN