Mohon tunggu...
Salman Rushdy
Salman Rushdy Mohon Tunggu... XI IPS 2 - SMAN 28 Jakarta

Tugas Bahasa Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cara Merawat Rambut Rontok dan Rusak

2 Agustus 2020   08:15 Diperbarui: 2 Agustus 2020   08:26 12 3 0 Mohon Tunggu...

Rambut rontok dan rusak pasti menjadi keluhan bagi sebagian orang yang mengalaminya. Ditambah lagi dengan susahnya rambut untuk diatur dapat membuat kita jengkel dengan hal tersebut. Hal ini banyak dialami diberbagai kalangan, baik dikalangan laki-laki, prempuan, muda, maupun tua.

Anda mungkin berpikir untuk merawat rambut rontok dan susah diatur membutuhkan biaya yang mahal dan harus rutin ke salon. Namun ternyata tidak. Kita bisa memulai merawat rambut dengan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang salah dan menggunakan produk yang cocok dengan rambut kita. Kali ini saya akan memberi cara untuk merawat rambut rontok dan susah diatur. Ingin tahu caranya? Yuk, ikuti tips berikut!  

1. Jangan Keramas Setiap Hari

Anda mungkin keliru jika berpikir bahwa keramas tiap hari dapat membuat rambut Anda menjadi sehat. Keramas setiap hari dapat menghilangkan minyak yang dibutuhkan untuk rambut dan kulit kepala. Hal ini dapat membuat rambut tampak lebih kering dan rentan rusak.

Dari sekarang, mulailah keramas 2-3 hari sekali. Dengan begitu, rambut anda tidak akan kering dan rentan rusak.

2. Jangan Lupa dengan Conditioner

Usahakan anda memiliki conditioner yang cocok untuk rambut anda. Gunakan conditioner setiap habis keramas. Gunakan secukupnya dari akar hingga ujung rambut dan jangan lupa untuk membiarkan 2-3 menit lalu baru dibilas. Dengan menggunakan conditioner, rambut Anda akan tampak lebih lembab dan lebih kuat.

3. Kurangi Peggunaan Pengering Rambut dan Catokan

Jika Anda selalu mengeringkan rambut dengan pengering rambut serta selalu menggunakan catokan agar rambut terlihat lebih rapi, berhenti melakukan hal tersebut dari sekarang! Paparan panas yang dihasilkan pengering rambut dan catokan dapat merusak batang rambut, sehingga rambut akan lebih rentan rusak. Dengan begitu, batasi penggunaan alat tersebut dan pakai jika diperlukan darurat saja. Keringkan rambut menggunakan handuk dan diusap secara perlahan agar rambut Anda tetap sehat dan tidak rusak.

4. Perhatikan Cara Menyisir Rambut

Jangan menyisir rambut dalam keadaan basah. Hal ini dikarenakan rambut akan lebih rapuh dan rontok jika disisir saat rambut basah. Mulailah menyisir rambut saat rambut sudah kering dan tidak lupa menggunakan sisir yang bergigi renggang agar rambut tidak kusut ketika disisir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x