Mohon tunggu...
Salman Fariz
Salman Fariz Mohon Tunggu... Freelancer - Jurnalis Lepas

Penulis adalah seorang jurnalis lepas yang berbasis di Bekasi

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Wanita Kashmir Multi Talenta, Sana, Merevolusi Peran Wanita dalam Olahraga

26 Agustus 2022   09:18 Diperbarui: 26 Agustus 2022   09:23 119 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemain Ski Sana Afzal Mir dari Srinagar, India. | Sumber: Rising Kashmir

Oleh Salman Fariz

Banyak orang percaya bahwa perempuan tidak pandai dalam olahraga. Ada seorang gadis di Srinagar, Jammu dan Kashmir, yang telah membuktikan bahwa perempuan lemah dalam olahraga adalah persepsi yang salah.

Ia tidak lain adalah Sana Afzal Mir, seorang wanita yang berusia 23 tahun dari daerah Lal Bazaar di Srinagar, yang memecahkan hampir semua batasan gender dan merevolusi peran wanita Kashmir dalam olahraga.

Sana sekolah di Delhi Public School hingga 2018. Saat ini ia sedang kuliah di St. Stephens College, University of Delhi, untuk program sarjana dengan bahasa Inggris, sastra Urdu dan filsafat sebagai mata pelajaran utamanya.

Sana percaya bahwa kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler memainkan peran penting dalam pengembangan pribadi seseorang.

"Penting juga bagi seorang siswa untuk beristirahat dari studi mereka dan menyegarkan diri dengan kegiatan seperti olahraga, seni, dll.," kata Sana kepada harian berbahasa Inggris Rising Kashmir beberapa waktu lalu.

Selain studinya, Sana juga menunjukkan minat khusus di berbagai bidang. Ia sangat terampil dalam bermain ski.

Menurut Rising Kashmir, Sana mulai bermain ski pada usia 10 tahun pada saat tur sekolahnya ke Gulmarg. Salah satu gurunya mengetahui bahwa ia pandai mengendalikan dan menyeimbangkan dirinya sendiri, kemudian gurunya tersebut mendorongnya untuk mengikuti kursus ski profesional.

''Saya menyelesaikan kursus ski dasar, menengah dan lanjutan dalam tiga tahun karena kursus ini penting untuk bersaing dalam kejuaraan. Setelah menyelesaikan kursus-kursus ini, saya mulai berpartisipasi dalam kejuaraan kabupaten dan negara bagian dan melakukannya dengan sangat baik di semuanya," ujar Sana.

Setelah tampil dengan baik di kejuaraan tingkat kabupaten, Sana terpilih untuk maju ke tingkat nasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan