Mohon tunggu...
Salma Nabilah
Salma Nabilah Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

agent of change

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan di Indonesia dan Berbagai Permasalahannya

14 November 2019   00:29 Diperbarui: 14 November 2019   00:35 0 0 0 Mohon Tunggu...

Tak bisa dipungkiri, Indonesia masih saja mengalami permasalahan pendidikan. Salah satu faktor rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia adalah karena lemahnya para guru dalam menggali potensi anak. 

Para pendidik seringkali memaksakan kehendaknya tanpa pernah memperhatikan kebutuhan, minat dan bakat yang dimiliki siswanya. Kelemahan para pendidik kita, mereka tidak pernah menggali masalah dan potensi para siswa.

Masalah pendidikan di Indonesia seperti tidak akan pernah habis.Yang menjadi perhatian kita semua adalah bagaimana generasi selanjutnya merasakan pendidikan di Indonesia.Pendidikan di Indonesia seharusnya memperhatikan kebutuhan anak bukan malah memaksakan sesuatu yang membuat anak kurang nyaman dalam menuntut ilmu. 

Proses pendidikan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk kreatif. Itu harus dilakukan sebab pada dasarnya gaya berfikir anak tidak bisa diarahkan.

Salah satu budaya yang masih menjadi permasalahan yaitu mencontek.Mencontek merupakan cikal bakal dari kejahatan korupsi.Budaya tersebut masih belum dapat hilang di Indonesia, dan berpengaruh dengan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.Hal ini menjadi perhatian kita semua bagaimana pendidikan di Indonesia seharusnya menghasilkan sumber daya manusia yang baik.

Teruntuk teman-teman calon tenaga pendidik yang sedang menempuh pendidikan,sudah saatnya kita ikut terlibat untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.Dan harapan saya sebagai mahasiswa pendidikan, semoga saya dapat menjadi bagian dari perubahan pendidikan di Indonesia kearah lebih baik.

VIDEO PILIHAN