Mohon tunggu...
Salma Lana Pancarani
Salma Lana Pancarani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hallo guys! Welcome to my blog haha :)

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Biasakan Pola Hidup Sehat

15 September 2022   13:45 Diperbarui: 15 September 2022   13:48 125 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Tahukah Anda apa  yang mendorong kebiasaan  hidup sehat? Apakah hanya  makanan, minuman, atau olahraga? Ternyata ada banyak  faktor yang mempengaruhi seseorang untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Di sisi lain, menerapkan gaya hidup sehat pada pandangan pertama mungkin tampak mudah, tetapi pada kenyataannya, setelah dilakukan, sangat sulit. Agar itu terjadi, agar tindakan sehat Anda berjalan lancar, Anda memerlukan bimbingan ahli gaya hidup sehat.

Mengikuti gaya hidup sehat juga sangat penting, karena menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebiasaan makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik merupakan faktor risiko utama bagi kesehatan global. Selanjutnya dengan kemajuan teknologi pangan, produksi pangan olahan juga semakin meningkat. Apalagi karena kemudahan teknologi, gaya hidup yang tidak sehat membuat tubuh rentan terhadap berbagai jenis gangguan kesehatan seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Membangun pola hidup sehat  tidak bisa sembarangan. Hal ini perlu disesuaikan berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan. Berikut langkah-langkah yang dapat ditempuh sebagai upaya menuju hidup sehat:

 1. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang
Ini adalah pola hidup sehat namun sulit untuk diikuti, padahal penting untuk menjaga suplai nutrisi. memasuki tubuh. Ini termasuk protein, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin. Hal ini penting agar tubuh dapat tumbuh, berkembang dan menjalankan fungsinya secara optimal. Selain itu, cara penyajian makanan juga harus diperhatikan agar tidak merusak nutrisi yang dikandungnya, agar makanan yang dikonsumsi tetap memberikan manfaat.

2.  Berolahraga secara teratur
Berolahragalah minimal 30 menit sehari jika  ingin memiliki tubuh yang sehat. Anda juga bisa melakukan aktivitas aerobik sedang seperti jalan kaki minimal 150 menit atau aktivitas aerobik berat seperti lari minimal 75 menit seminggu. Selama waktu ini, latihan kekuatan untuk semua kelompok otot dianjurkan setidaknya dua kali seminggu.

3.Pemeriksaan Kesehatan Rutin  
Salah satu langkah untuk menjalani pola hidup sehat adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik secara rutin.

4.Istirahatt yang cukup
Agar sehat jasmani dan rohani, Anda juga perlu istirahat yang cukup. Pastikan waktu tidur Anda selalu dihormati dan biasakan untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang bersamaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan