Mohon tunggu...
Salma Fitria Shabrina
Salma Fitria Shabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - A psychologist and pedagogic entusiast

Semoga bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Pentingnya Pendampingan Orang Tua dalam Perkembangan Literasi Baca Tulis Anak

21 September 2021   00:59 Diperbarui: 21 September 2021   01:03 37 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Literasi adalah kata yang sering kita dengar. Literasi merupakan salah satu ujung tombak pendidikan global. Literasi memainkan peran penting baik dalam pendidikan maupun dalam masyarakat. Semakin banyak pengetahuan dan pemahaman yang kita miliki, semakin mudah untuk membangun hubungan dengan orang lain dan juga kehidupan yang lebih baik. Sehingga kita bisa melihat masalah dari berbagai sudut pandang.

Literasi sangat penting untuk ditanamkan sejak usia dini. Oleh karena itu orang tua memegang peran penting dalam perkembangan literasi anak. Karena orang tua merupakan figur teladan bagi anak dan juga sosok terdekat anak. Seluruh ucapan dan tingkah laku yang dilakukan oleh orang tua akan ditiru dan dicontoh oleh anak-anak. Ketika orang tua menjunjung tinggi literasi dan menjadikan literasi sebagai hal utama di dalam keluarga, maka anak pun akan melakukan hal yang sama. 

Menurut Fitgerald, Speigel dan Cunningham (1991), ada hubungan positif antara tingkat literasi orang tua dan apresiasi mereka terhadap lingkungan literasi. Semakin tinggi tingkat literasi, semakin besar komitmen mereka untuk menciptakan lingkungan literasi bagi anak-anaknya (Musthafa, 2008: 6).

Berangkat dari hal-hal yang disebutkan di atas penulis memberikan pembekalan kepada orang tua mengenai pentingnya literasi baca tulis. Agar orang tua sadar bahwa jika mereka ingin anak nya gemar literasi harus dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Sehingga anak pun pasti akan ikut semangat untuk menekuni literasi

Penting juga memberikan semangat dan dorongan kepada orang tua juga agar bisa menjadi contoh yang baik kepada anaknya. Para Orang tua pun antusias untuk memulai membiasakan literasi di dalam kehidupan keluarganya masing-masing. Diharapkannya setelah ini anak dan orang tua dapat membangun kehidupan keluarga yang menjunjung tinggi literasi. Terutama literasi baca tulis.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan