Mohon tunggu...
Salma Faiqah Anggraeni
Salma Faiqah Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030071

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030071

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

25 Juni 2021   16:07 Diperbarui: 25 Juni 2021   16:10 128 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi rambut rontok (sumber: lifestyle.kompas)

Rambut adalah aset yang sangat berharga bagi setiap orang, apalagi bagi wanita. Rambut layaknya mahkota yang wajib untuk dirawat dan dijaga agar tetap sehat dan indah. Meski begitu, masalah kerontokan rambut selalu saja menghantui setiap orang.

Selain membuat tidak percaya diri, rambut rontok jug abisa membuat penampilan menjadi tidak maksimal. Akan tetapi, jika kerontokan rambut masih dalam skala kecil -- di bawah 100 helai per hari -- tandanya masi dalam batas wajar dan aman. Namun, jika lebih sudah menjadi permasalahan dan harus segera ditangani.

Sebelum mengetahui cara untuk mengatasi kerontokan rambut, menjadi penting untuk memahami penyebab kerontokan rambut yang tidak wajar.

Mengikat rambut terlalu kencang menjadi salah satu penyebab dari kerontokan rambut. Ikatan rambut yang terlalu kencang akan membuat akar rambut tertarik dan membuatnya menjadi rontok. Lebih baik untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang dan tidak lebih dari dua jam.

Diet yang tidak seimbang juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Asupan nutrisi yang tidak seimbang, seperti menjalani diet secara berlebihan menjadi penyebab dari kerontokan rambut.

Stres pun juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Maka dari itu, kita harus bisa untuk memahami cara mengontrol stres yang baik sehingga dapat mengatasi emosi dengan baik. Hormon yang seimbang akan terganggu oleh stres dan menurunkan peredaran darah di kepala sehingga rambut kekurangan nutrisi dan menyebabkan kerontokan rambut.

Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Sinar UVA dari matahari dapat menyebabkan perubahan pigmen pada rambut dan menjadikannya berubah warna agak kecoklatan. Tidak hanya itu, sinar matahari juga dapat memengaruhi keratin rambut yangberfungsi untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau dan bebas rontok. Jika keratin rambut tidak berfungsi dengan baik, tidak mustahil untuk kerontokan rambut dapat terjadi.

Polusi juga bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Polusi membuat rambut menjadi kasar dan rusak karena partikel udara dan debu yang 80 kali lebih kecil dari folikel rambut, dapat menempel di permukaan rambut sehingga dapat menyebabkan kerontokan rambut.   

Kebiasaan mencuci rambut dengan air panas juga dapat menimbulkan kerontokan rambut. Air panas dapat menyebabkan dehidarasi pada batang rambut yang membuatnya menjadi rapuh dan mudah patah. Tidak hanya itu, air panas juga bisa mengurangi minyak alami pada rabut dan membuat kulit kepala menjadi kering dan rusak.

Terlalu sering keramas juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut. Sering kali, orang-orang mengira keramas setiap hari dapat menjaga kondisi rambut tetap sehat, padahal tidak. Penggunaan shampoo terlalu sering dapat menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah, dan terlihat lebih tipis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN