Mohon tunggu...
Salma Faiqah Anggraeni
Salma Faiqah Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030071

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030071

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bangun Semangat di Awal Waktu, Yuk!

16 Maret 2021   18:03 Diperbarui: 16 Maret 2021   18:11 116 9 0 Mohon Tunggu...

Setiap manusia memiliki energi. Energi ini terbagi menjadi dua, yaitu energi positif dan negatif. Energi yang kita miliki akan mempengaruhi suasana hati maupun perilaku kita. Jika kebanyakan energi yang kita miliki adalah energi negatif, tubuh, pikiran, dan jiwa kita akan bereaksi terhadap hal-hal buruk. Adanya energi negatif ini biasanya berujung pada emosi yang tidak stabil dan turunnya mood. Hal ini dapat menjadikan kita sedih, lemas, lesu, dan kemungkinan lain yang tak kalah merugikan. (Merdeka.com)

Sebenarnya, wajar jika manusia merasa senang atau sedih. Karena kedua hal tersebut merupakan bumbu kehidupan. Tetapi, hal tersebut menjadi tidak baik jika energi negatif atau kesedihan yang kita miliki terlalu berlebihan. 

Terlalu larut dalam hal tersebut dapat menghilangkan semangat hidup kita. Kehilangan semangat hidup dapat diartikan sebagai kondisi dimana kita mengalami penurunan gairah dan motivasi dalam menjalani hidup. Mulai dari tidak semangat mengerjakan pekerjaan hingga motivasi yang dimiliki ketika bangun di pagi hari. (Satupersen.net)

Untuk memiliki semangat menjalani hari, kita dapat membangun mindset atau mood dengan memulai kegiatan-kegiatan kecil yang dapat dilakukan setelah bangun tidur. Hal-hal apa aja sih yang dapat kita lakukan di pagi hari? Mari simak ulasan dibawah!

Tips Meningkatkan Semangat

1. Tidur Berkualitas 7-8 Jam

Tidur merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Saat tidur, tubuh memberikan waktu istirahat untuk otot dan otak. Tidur juga penting bagi fungsi metabolik, kekebalan tubuh, dan otak. Waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa ialah 7-8 jam. 

Selain waktu tidur yang cukup, kita juga perlu memiliki tidur yang berkualitas. Waktu ideal yang dapat meningkatkan kualitas tidur dimulai dari pukul 10 malam dan bangun pada pukul 6 pagi. Tetapi jangan lupa, bahwa pola tidur yang kita miliki perlu kita lakukan secara konsisten. Karena pola tidur yang tidak teratur dapat meningkatkan resiko penyakit yang lebih besar.

2. Bangun Sebelum Jam 6 Pagi

Kuantitas tidur tidak cukup, kualitas tidur juga perlu untuk meningkatkan semangat. Pola tidur yang melebihi jam ideal dapat berisiko dalam gangguan metabolisme dan hormon. 

Jika kita bangun lebih pagi, kita dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk membuat rencana, menyambut hari, dan beraktivitas. Kebiasaan bangun pagi juga dilakukan oleh orang-orang sukses. Contohnya seperti Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dan Jack Dorsey, pendiri Twitter yang selalu memulai harinya pukul 05.30.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x