Mohon tunggu...
Salma Difa A
Salma Difa A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UPI

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

KKN-T di Desa Sukamantri: Pentingnya Olahraga bagi Kesehatan

17 Agustus 2022   08:00 Diperbarui: 18 Agustus 2022   10:24 127 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN-T di Desa Sukamantri

Pada tahun ini Universitas Pendidikan Indonesia  (UPI) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilaksanakan oleh para Mahasiswa UPI dengan tema "Menguatkan dan Meningkatkan Program SDG's Desa dan MBKM" berlangsung pada tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2022.

Terdapat beberapa kelompok besar KKN dengan tema yang berbeda-beda, salah satunya yaitu tema Desa Sehat dan Sejahtera. Kelompok 159 mendapatkan tema Desa Sehat dan Sejahtera, dengan begitu kelompok kami merancang program kerja yang menjurus ke dalam bidang kesehatan, kegiatan tersebut diantaranya adalah:

-Sosialisasi kepada siswa SD mengenai pola hidup sehat
-Sosialisasi mengenai BPJS Kesehatan kepada warga setempat
-Mengedukasi masyarakat mengenai Stunting di Posyandu setempat
-Mengadakan kegiatan Jumat Bersih (Jumsih)
-Mengadakan pertandingan bola voli
-Mengadakan kegiatan senam rutin pada hari Minggu

Beberapa orang masih menganggap bahwa olahraga merupakan hal yang tidak penting dan hanya membuat lelah. Meskipun melelahkan olahraga sangat penting dilakukan untuk daya tahan tubuh. Tubuh kita akan semakin sehat dan bugar jika sering bergerak dan beraktivitas selama hal tersebut tidak berlebihan. Salah satu cara agar tubuh kita sehat secara optimal yaitu dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Ada banyak jenis olahraga yang dapat kita lakukan, seperti berenang, berlari, bermain bola voli, bola basket, senam, dan lain sebagainya.

KKN-T di Desa Sukamantri
KKN-T di Desa Sukamantri
Salah satu program kerja kami yaitu mengadakan pertandingan bola voli dan senam rutin pada hari minggu dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya berolahraga, serta untuk mengeratkan tali silaturahmi di desa Sukamantri. Kami mengadakan pertandingan bola voli antar RT dengan judul “Voli Ceria Cup RW 01” yang dilaksanakan pada tanggal 6-7 Agustus 2022 di lapang voli Teratai I Desa Sukamantri. Pertandingan ini dilakukan dengan jumlah peserta yaitu 4 tim putri dan 4 tim putra. Selain untuk meningkatkan kesadaran berolahraga, pertandingan ini dilaksanakan untuk menjalin silaturahmi antar RT karena di daerah tersebut, khususnya Desa Sukamantri, Dusun Pasirhuni sudah lama tidak mengadakan  pertandingan olahraga semenjak adanya pandemi. Dengan begitu hal ini mendapat respon positif dari para warga.

KKN-T di Desa Sukamantri
KKN-T di Desa Sukamantri
Selain mengadakan pertandingan bola voli, kelompok kami juga mengadakan kegiatan senam rutin bersama warga setempat setiap hari Minggu. Kegiatan ini juga mendapatkan respon positif dari para warga, karena dengan adanya mahasiswa KKN kegiatan di Desa Sukamantri khususnya dalam bidang olahraga menjadi lebih aktif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan