Mohon tunggu...
Salma Azzahra
Salma Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Saya merupakan mahasiswi semester 4 di Universitas Airlangga. Saya tertarik pada bidang design, editing dan kepenulisan. Saya juga menulis cerita fiksi di aplikasi wattpad.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

7 Tips Masuk PTN Favoritmu!

17 Juli 2022   16:54 Diperbarui: 17 Juli 2022   16:59 47 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sudah bukan rahasia umum lagi jika persaingan masuk ke PTN sangatlah sulit. Tak heran kini berbagai joki untuk ujian SBMPTN dan Mandiri banyak ditangkap. 

Faktor kesulitan soal bukanlah suatu halangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Banyak yang bisa kamu persiapkan se awal mungkin agar dapat masuk ke Perguruan tinggi negeri. Berikut beberapa tips  sukses masuk perguruan tinggi negeri:

1. Tetapkan setting goals pada saat kelas 10

Kelas 10 merupakan awal dari kehidupan SMA. Setelah senang masuk ke SMA yang kalian tuju jangan lalai terhadap tujuanmu kedepannya. Susun rencana jangka Panjangmu, mulai ingin kuliah dimana dan mengambil jurusan apa. 

Setelah mengetahui target kalian, berusahalah semaksimal mungkin untuk menaikkan nilai rapor dari semester 1 hingga 5. Jika kalian memulai dari kelas 10, memungkinkan kalian bisa mengusahakan masuk PTN melalui jalur SNMPTN. Jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang menggunakan nilai rapor.

2. Mulai mencari tahu tipe soal yang digunakan di jalur SBMPTN tahun sebelumnya

Ketika kalian baru memulai memikirkan kuliah pada saat kelas 11, tidaklah terlambat untuk menyiapkan segalanya. Cari tahu dan pelajari tipe soal yang digunakan di SBMPTN tahun sebelumnya ketika waktu luang. 

Dengan kalian sudah membiasakan menyelesaikan tipe soal yang sama, bukanlah hal yang terlalu sulit untuk menyelesaikannya. Kalian bisa mencari soal-soal SBMPTN di twitter, disana terdapat banyak alumni-alumni yang sharing tipe soal yang telah mereka hadapi pada saat sbmptn, selain twitter kalian bisa mencari tahu di berbagai buku ujian masuk PTN yang biasanya banyak terjual di toko buku online maupun offline. Atau bahkan jika kalian mengikuti bimbel, bimbel kalian pasti akan memberikan mentoring tentang prediksi tipe soal yang digunakan.

3. Mulai menabung

Bukan hal yang mengherankan jika pengeluaran kalian akan membludak ketika ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Ketika kalian mengikuti suatu tes entah itu SBMPTN maupun Mandiri, kalian tentu saja akan membayar untuk mengikuti tes tersebut. Di masa depan kalian tidak tahu akan mengikuti berapa tes, untung jika kalian langsung lolos SNMPTN, jika tidak?

4. Membagi waktu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan