Mohon tunggu...
Azizah Salma Hayyu
Azizah Salma Hayyu Mohon Tunggu... Apoteker - Mahasiswa

Farmasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Heboh! Mahasiswa KKN Undip Membuat Ibu-Ibu Lempongsari Menjadi Gemar Ikan

11 Agustus 2022   09:08 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:14 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Lempongsari, Semarang, Jawa Tengah (Sabtu, 23/7/2022) pada minggu ke III empat mahasiswa KKN Undip 2021/2022 bimbingan Bp. Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si. yang terdiri dari Jeremy Timothy F. L., Azizah Salma Hayyu, Lulu Aliyah, dan Geehan Vanessa C., melaksanakan program Gemar Ikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di Balai RW Kelurahan Lempongsari

Seperti yang telah tertera pada point SDGs nomor 2 (Zero Hunger), mahasiswa KKN Undip 2021/2022 melakukan edukasi mengenai pengelolaan, pemanfaatan, dan penyuluhan terhadap pengkonsumsian ikan. Projek ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan pola hidup sehat di lingkup masyarakat Lempongsari dengan mengolah ikan untuk menjadi makanan bergizi. Program ini berlangsung selama 90 menit dalam bentuk seminar beserta simulasi dengan target audiens 20 ibu-ibu muda Lempongsari. 

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Balai RW VI Lempongsari dengan rincian materi berupa edukasi pemilihan ikan yang bermutu dan simulasi penyayatan ikan dengan metode fillet oleh Geehan Vanessa C. mahasiswi prodi teknologi hasil perikanan, dilanjutkan edukasi mengenai kandungan-kandungan dan bagaimana pengkonsumsian ikan-ikan tersebut mampu membantu dalam pencegahan penyakit pada manusia oleh Azizah Salma Hayyu, mahasiswi prodi Farmasi, dan penyuluhan pentingnya pola hidup sehat salah satunya dengan pengkonsumsian ikan oleh Lulu Aliyah, mahasiswi prodi psikologi. Kegiatan ini dikemas semenarik dan seefektif mungkin oleh Jeremy Timothy F. L., mahasiswa prodi manajemen.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

"Kegiatan ini bagus dan relevan dengan kondisi ibu-ibu muda di RW VI, tentunya dalam menambah pengetahuan tentang pemanfaatan ikan yang baik untuk kesehatan" Tutur Bapak Ferry selaku ketua RW VI Kelurahan Lempongsari.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Salah satu jenis ikan budidaya yang digunakan dalam kegiatan edukasi ini adalah Nila. Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sering dibudidayakan dan diolah menjadi masakan lezat dan bergizi. Ikan Nila memiliki banyak kandungan, seperti asam lemak omega-3 untuk menjaga kolesterol tubuh, kalsium untuk kesehatan tulang, protein untuk menyembuhkan jaringan yang rusak, dan selenium untuk mencegah penuaan dini. Olahan yang dapat dibuat dari bahan Ikan Nila adalah bakso, nugget ikan, abon ikan, dan fillet ikan. Simulasi kecil dalam materi Geehan Vanessa C., dipilih cara menyayat ikan menjadi fillet dengan benar. Terdapat dua ibu-ibu muda yang aktif dalam mempraktekkan simulasi penyayatan serta di akhir sesi, terdapat buku resep sebagai hadiah kepada ibu-ibu yang aktif dalam kegiatan. 

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dengan dilaksanakannya program ini, masyarakat terutama ibu-ibu muda yang memiliki anak balita, mampu membuat olahan ikan yang bergizi dan mampu mengetahui cara pemilihan ikan yang bermutu dan berkualitas baik.

Penulis : Jeremy Timothy F.L., Azizah Salma Hayyu, Geehan Vanessa C., dan Lulu Aliyah
DPL : Ari Wibawa Budi Santosa, S.T., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan