Mohon tunggu...
Salma Aqilla
Salma Aqilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Airlangga

Saya merupakan mahasiswa yang memiliki kewarganegaraan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Indahnya Berbakti kepada Orangtua

20 Juni 2022   08:53 Diperbarui: 20 Juni 2022   09:04 198 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kedua orangtua merupakan penyebab keberadaan kita di dunia ini. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita selalu berbakti kepada kedua orangtua. 

Dari sebelum lahir sampai saat ini, kita selalu dirawat, diperhatikan, dilindungi dan dan berusaha untuk membahagiakan. Tanpa mengharap balas budi dari kita, mereka dengan tulus dan ikhlas membesarkan kita, mendidik kita agar menjadi orang yang berguna bagi agama, bangsa dan negara. Do'a selalu mereka panjatkan kepada kita. Kerja keras mereka lakukan agar dapat memberikan makan dan kebutuhan kepada kita.

Tidak ada keluh kesah, mereka melakukan itu semua dengan bahagia. Jika melihat pada perjuangan kedua orang tua dalam membesarkan, merawat, menyanyangi kita, sudah selayaknya kita berbuat baik dan berbakti terhadap kedua orang tua atau dalam Islam sering disebut birrul walidain. 

Dalam islam, seluruh umatnya diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tua. Suatu saat sahabat bertanya kepada Rasulullah, dari Ibnu Mas'ud, dia berkata, Aku berkata, "Wahai Rasulullah, amal apakah yang paling utama?" Beliau menjawab, " Shalat pada waktunya ." Aku berkata, "Lalu apa?" Beliau menjawab, " Berbakti kepada kedua orang tua ." Aku berkata, "Lalu apa?" Beliau menjawab, " Berjihad di jalan Allah ." Shahih: Al Bukhari (527) dan Muslim (85).

Maka dari itu dapat dilihat bahwa kedudukan orang tua dalam islam sangat tinggi, sampai sampai rasulullah menempatkan berbakti kepada orang tua sebagai salah satu amalan yang paling utama.  Berbakti kepada orang tua juga merupakan amalan yang dicintai oleh Allah, baik berbakti kepada orang tua ketika masih hidup maupun sudah meninggal dunia.  

Saat kedua orang tua masih hidup, kita wajib menghormatinya, berbakti kepadanya dan memuliakannya dengan tidak menyakiti hati kedua orang tua, selalu bertutur kata yang baik, selalu membantu kedua orang tua dengan ikhlas, membanggakan keduanya, serta mendoakannya. Sedangkan saat kedua orang tua sudah meninggal dunia, kewajiban seorang anak adalah selalu mendoakannya. 

Selain itu Rasulullah menerangkan bahwa sedekah apapun yang kita niatkan pahalanya untuk kedua orang tua maka akan sangat bermanfaat untuk mereka di akhirat. Doa yang dapat dibaca untuk mendoakan kedua orang tua terdapat dalam Al Quran Surat Al Isra ayat 24. Yang artinya adalah "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil"

Bahkan, perintah berbakti kepada kedua orangt ua tersebut telah disandingkan dengan perintah untuk menyembah Allah. Serta apabila seorang anak tidak mengikuti perintah orang tua maka anak tersebut sudah menyekutukan Allah. Rasulullah bersabda "Ridha Allah terletak pada ridha kedua orang tua" hal ini bermakna bahwa berbakti kepada kedua orangtua merupakan penyempurnaan bagi ibadah kepada-Nya. Maka jika kita membuat orang tua kita murka, berarti kita juga membuat Allah murka.

Manfaat yang didapat dari berbakti kepada kedua orang tua selain mendapat pahala, ada sangat banyak. Manfaat yang langsung bisa dirasakan oleh manusia jika berbakti ke orang tuanya adalah mendapat umur panjang dan rezeki yang melimpah dan penuh berkah. Setiap orang pasti menginginkan hidup yang lama dan dilimpahi rezeki yang banyak dan penuh berkah. Bukan sembarang banyak, namun rezeki yang Allah berikan akan dipenuhi berkah artinya akan mendatangkan banyak manfaat saat digunakan.

Lalu jika kita dapat berbakti dan membuat orang tua senang maka orang tua yang senang melihat anaknya berbakti, pasti akan mendoakan anaknya. doa orang tua ini adalah doa yang paling cepat Allah kabulkan atau doa yang mustajabah, "Ada tiga do'a yang mustajab, tidak ada keraguan akan hal itu; do'a orang yang terdzalimi, do'a musafir, dan do'a orang tua untuk (kebaikan) anaknya". (HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Syekh Al-Arnauth). maka dari itu jika memiliki hajat mintalah doa ke orang tua agar hajatnya dimudahkan.

Manfaat lain dari berbakti kepada orang tua adalah jadi salah satu alasan agar kita dapat masuk surga. Berbakti kepada orang tua adalah salah satu kunci pintu surga. Jika kita berbuat baik, menyayangi, dan merawat mereka maka surga adalah balasannya. Berbuat baik atau berbakti kepada kedua orang tua atau kepada salah satu dari keduanya merupakan salah satu sebab dikabulkannya taubat. Sungguh indah balasan yang kita dapat dari berbakti kepada kedua orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan