Mohon tunggu...
Salma Nabilah Azhar
Salma Nabilah Azhar Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa

Menyukai sesuatu yang baru

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mulai Pola Hidup Sehat di Masa New Normal

10 Juni 2021   17:42 Diperbarui: 10 Juni 2021   17:49 116 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Saat ini dunia sedang menghadapi masalah kesehatan secara global yang belum pernah terjadi, masalah tersebut dipicu oleh adanya pandemic virus covid-19. Virus ini menyebar sejak tahun 2019 dan menyebar begitu cepatnya ke berbagai negara manapun. Penyebaran virus covid-19 melalui udara, air, serta permukaan benda.

Pandemi covid-19 membawa berbagai perubahan dalam hidup. Baik dari aktivitas, kegiatan ekonomi, serta perubahan pola dan gaya hidup. Pemerintah telah berupaya untuk menanggulangi agar tidak mudah terpapar oleh virus yang membahayakan ini. Pemerintah telah memberikan berbagai kebijakan seperti, masyarakat diminta untuk selalu menaati protocol kesehatan, menghimbau masyarakat untuk tetap dirumah, serta menghimbau masyarakat agar melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Memang, di masa pandemic covid-19 seperti ini kita diwajibkan untuk menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat merupakan kunci utama dalam mengurangi penyebaran virus covid-19. Dengan melakukan pola hidup sehat maka akan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh tubuh seperti, meningkatnya system imun, menjaga berat badan agar tetap normal, serta dapat mencegah virus covid-19 menjangkiti tubuh. Tetapi, banyak masyarakat yang abai bahkan lalai akan pentingnya pola hidup sehat di masa pandemic covid-19.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa melakukan pola hidup sehat?, bagaimana caranya agar kita bisa disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat meski sedang dirumah aja?.

1. Cukupi kebutuhan nutrisi harian

Di masa pandemic covid-19 sebaiknya dalam satu hari mengkonsumsi makan utama sebanyak tiga kali dan dua kali makan selingan. Dalam satu piring makan terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, buah. Memang makanan siap saji, fast food, junk food memang menggoda tetapi alangkah lebih baiknya makanan seperti itu dihindari terlebih dahulu dan lebih memperbanyak sayur serta buah. Sebab didalam sayur dan buah terdapat berberapa vitamin yang membantu tubuh untuk terhindar dari paparan virus covid-19.

2. Perbaiki waktu tidur

Walaupun bekerja dan belajar dari rumah, tetapi waktu tidur cukup berpengaruh bagi kesehatan. Waktu tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, pastikan selalu konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.

3. Aktif bergerak dan rutin berolahraga

Di rumah saja bukan berarti bisa bermalas-malasan. Justru harus tetap aktif bergerak agar tubuh tetap fit dan sehat. Misalnya, dengan bersepeda atau sekedar jalan kaki mengelilingi area rumah kurang lebih 15 menit perhari. Dengan memulai pola hidup sehat maka proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik serta membuat tubuh menjadi lebih sehat.

4. Jaga kebersihan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan