Mohon tunggu...
Sally RMDJ
Sally RMDJ Mohon Tunggu... Mahasiswa STEI Bina Muda Bandung

Saling Menebar Manfaat

Selanjutnya

Tutup

Diary

Belajar Self-Love dari BTS

15 April 2021   12:40 Diperbarui: 15 April 2021   12:47 65 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Self-Love dari BTS
Sumber: tbsnews.net

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah sangat familiar dengan salah satu group yang sudah mendunia yaitu BTS. BTS adalah salah satu boyband asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada tanggal 13 Juni 2013. Bts terdiri 7 member yaitu RM, Jin, Suga, J-Hope, JImin, V, dan Jungkook. Boyband asal Korea ini sudah berhasil memenangkan beberapa penghargaan baik lokal maupun internasional. Selain penghargaan-penghargaan tersebut lagu dan member -member nya banyak disukai oleh para Army (sebutan untuk pecinta BTS). Bahkan, pada tahun 2019 BTS menjadi boyband yang paling banyak di googling di seluruh dunia.

BTS juga merupakan salah satu group yang membawakan pesan tentang sehat mental dan self-love. Bahkan, konsep self-love mereka juga sesuai dengan teori self-love. Beberapa lagu dari album mereka memang banyak menerangkan tentang self-love dan journey mereka menuju self-love itu sendiri.

Dimulai dari single solo berjudul Reflection yang dibawakan oleh RM pada tahun 2016. Single ini menceritakan perjalanan dimana RM mulai tahu jika self-love itu merupakan sebuah keharusan. Self-love dapat membantu seseorang yang sedang mengalami saat terendah dalam hidupnya agar tidak kehilangan arah.

Di bulan November 2017, BTS melakukan campaign bertema "Love Myself" bersama UNICEF dan RM berkesempatan untuk menyampaikan pidato untuk mengajak semua orang untuk berani speak up mengenai self-love tanpa memandang identitas yang melekat dalam diri kita dan hal ini memberi dampak yang sangat besar. Sedikit kutipan yang disampaikan RM yaitu "Kita telah belajar tentang mencintai diri sendiri, maka aku sekarang mendorong kalian untuk berbicara tentang diri kalian sendiri (speak yourself). Aku ingin bertanya pada kalian semua, 'Siapa namamu? Apa yang membuatmu bersemangat dan membuat jantungmu berdetak? Katakan padaku apa ceritamu'. Aku ingin mendengarkan suara dan keyakinan kalian, entah siapapun kalian, dari mana asal kalian, warna kulit kalian, identitas gender kalian, speak yourself! Temukan namamu dan temukan suaramu dengan berbicara tentang dirimu sendiri".

Selain single Reflection, banyak lagu dari BTS yang menyuarakan tentang self love. Dan mereka membawakannya bukan dengan cara memaksa atau mengajarkan orang-orang tentang mencintai diri sendiri tetapi mereka membawakannya dengan berbagi cerita dan hambatan mereka untuk mencintai diri mereka sendiri. Dengan begitu, orang-orang tidak merasa digurui tetapi merasa belajar bersama mereka.

Intinya, menyayangi diri sendiri adalah sebuah perjalanan. Bahkan dapat dikatakan sebagai sebuah proses yang tidak ada hentinya dalam kehidupan.

Semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x