Mohon tunggu...
Sayyed Ali Rafi
Sayyed Ali Rafi Mohon Tunggu... Mahasiswa Astronomi

Seseorang yang senang mendalami astronomi dan bertekad untuk menjadikannya sebagai bidang yang menarik untuk dipelajari. Email: salirafi8@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Seberapa Akuratkah Lubang Hitam "Interstellar" dalam Pandangan Sains? (Part 2: Waktu yang Melambat)

12 Mei 2020   09:00 Diperbarui: 12 Mei 2020   10:02 397 3 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Seberapa Akuratkah Lubang Hitam "Interstellar" dalam Pandangan Sains? (Part 2: Waktu yang Melambat)
Gargantua. Sumber: CERN Courier

Pada part 1, sudah dibahas secara singkat mengenai terbentuknya lubang hitam dan klasifikasi massanya. Telah diketahui pula bahwa Gargantua tergolong ke dalam supermassive black hole. Lalu, dengan massa sebesar itu, apa saja efek yang bisa dirasakan jika berada di dekat Gargantua? 

Mari kita tinjau satu per satu, dimulai dari apa yang bisa dirasakan di Planet Miller, salah satu planet yang mengorbit Gargantua. Jernihkan pikiran, duduk, relax, dan bersiaplah karena pembahasan berikut akan cukup menguras otak Anda.

Waktu yang Melambat

Dalam film tersebut, dikatakan secara eksplisit bahwa terdapat perbedaan waktu antara Bumi dan Planet Miller yang mengorbit Gargantua. Salah satu tokoh film yang bernama Romilly (diperankan oleh aktor David Gyasi) mengatakan bahwa satu jam di planet Miller sama dengan 7 tahun di Bumi. 

Hal ini disebut dilatasi waktu yang merupakan konsekuensi dari teori relativitas umum yang dikemukakan oleh salah satu ilmuwan terpenting sepanjang masa, Albert Einstein

Ia menjelaskan melalui teori tersebut bahwa ruang berdimensi 3 yang kita kenal (panjang, lebar, dan tinggi) terikat oleh waktu dan disebut ruang-waktu. 

Perlu diketahui bahwa waktu termasuk sebagai dimensi, sehingga ruang-waktu memiliki 4 dimensi. Kita hidup di dunia 4 dimensi. Lalu, apa maksudnya terikat oleh waktu? 

Sederhananya, kita tidak akan bisa berpindah dari suatu tempat ke tempat lain secara instan. Pasti ada waktu yang kita habiskan untuk melakukan perjalanan tersebut. 

Analoginya: jika kita ingin membuat janji dengan seseorang, tentunya kita akan memberitahu tempat dan waktu untuk pertemuan tersebut bukan? Jika kita hanya memberitahu hanya salah satunya, misalkan tempat, tentu orang yang kita ajak bertemu akan bertanya, "Oke, kapan?" dan sebaliknya. Memang bukan hal yang baru dan aneh. 

Namun yang menarik adalah, teori relativitas umum mengatakan bahwa setiap benda yang memiliki massa (dan akibatnya memiliki gravitasi) dapat melengkungkan ruang; dan karena ruang terikat oleh waktu, maka waktu juga ikut dilengkungkan. Apa pula yang dimaksud melengkungkan ruang-waktu? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x