Mohon tunggu...
Nurhayati
Nurhayati Mohon Tunggu... Guru - guru TK An-Najah

Saya adalah seorang guru Pendidikan Anak Usia Dini tepatnya guru taman kanak-kanak. Saya adalah pribadi yang senang membaca hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Sekarang saya akan belajar menulis tentang konten tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pemanfaatan Bahan Sisa Menjadi Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini

1 Oktober 2022   13:06 Diperbarui: 1 Oktober 2022   13:16 146 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PEMANFAATAN BAHAN SISA 

MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN 

UNTUK ANAK USIA DINI

OLEH : NURHAYATI

 

PENDAHULUAN

Pendidikan adalah sesuatu yang paling penting bagi seorang anak. Tanpa Pendidikan anak akan tumbuh menjadi generasi penerus yang lemah dan tidak tahan dengan tuntutan zaman. Karena pentingnya Pendidikan bagi seorang anak sampai-sampai Rasulullah SAW bersabda : "tiada satu pemberian pun yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain Pendidikan yang baik" (HR. Al-Hakim, Baihaqi, Tirmidzi dan Ahmad).

Pendidikan anak sudah seharusnya dimulai sejak usia dini. Berbagai hasil penelitian menyimpulkan bahwa perkembangan yang diperoleh pada masa usia dini sangat mempengaruhi perkembangan anak pada tahap berikutnya. Para ahli psikologi perkembangan menyebut masa usia dini sebagai masa emas (golden age). Dari aspek Pendidikan, stimulasi dini sangat diperlukan guna memberikan rangsangan terhadap seluruh aspek perkembangan anak yang mencakup penanaman nilai-nilai dasar pembentukan sikap dan pengembangan kemampuan dasar.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki Pendidikan lebih lanjut. Agar tujuan tersebut dapat tercapai maka guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Kegiatan pembelajaran pada dasarnya merupakan proses komunikasi. Dalam proses komunikasi tersebut, guru bertindak sebagai komunikator yang bertugas menyampaikan pesan pembelajaran kepada penerima pesan yaitu siswa atau anak. Agar pesan-pesan pembelajaran tersebut dapat diterima dengan baik oleh anak maka dalam proses komunikasi tersebut memerlukan wahana penyalur pesan yang disebut media pembelajaran. Peran media dalam pembelajaran anak sangat penting karena perkembangan pada saat ini berada pada masa konkret. Oleh karena itu salah satu prinsip pembelajaran anak usia dini adalah kekonkretan artinya bahwa anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata. Prinsip ini mengisyaratkan adanya media sebagai saluran penyampai pesan dari guru kepada anak agar pesan tersebut dapat diterima oleh anak dengan baik.

Pada prinsipnya media pembelajaran berguna untuk memudahkan anak belajar memahami sesuatu yang mungkin sulit atau menyederhanakan sesuatu yang kompleks. Media belajar anak tidak harus mahal bahkan dapat diperoleh dari barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Disinilah perlunya daya imajinasi dan kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran dengan bahan yang ada sehingga tidak ada kata "tidak punya modal" yang dijadikan alas an untuk tidak menyediakan media pembelajaran. Dalam hal ini usaha guru adalah factor utama dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Usaha yang tepat dari seorang guru akan memberikan hasil yang terbaik bagi anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan