Mohon tunggu...
Salfina Yuliyanti
Salfina Yuliyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Be grateful for everything!!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pembagian Masker kepada Masyarakat Kelurahan Patimuan, Langkah Pencegahan Covid-19

5 Desember 2021   09:19 Diperbarui: 5 Desember 2021   09:31 76 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Dunia di kejutkan dengan adanya Coronavirus Disease 2019 bermula dari kota Wuhan tepatnya di Tiongkok, virus jenis baru ini telah menyebar ke berbagai belahan negara di dunia yang menyebabkan timbulnya penyakit disebut juga dengan COVID-19. World Health Organization (WHO) pun juga sudah menetapkan pandemi COVID-19 sejak 11 Maret 2020 yang lalu. Tak hanya merugikan dari sisi kesehatan saja, virus corona sangat berdampak pada aktifitas kita juga sektor perekonomian.

Semakin hari, penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19), kian meresahkan masyarakat Indonesia. Penyebaran virus yang sangat cepat, membuat masyarakat semakin panik dan cemas dengan keadaan saat ini. Upaya yang dilakukan pemerintah adalah mengganti kegiatan di luar rumah dengan melakukan WFH ( Work Form Home ) bagi para pekerja dan daring bagi para mahasiswa atau siswa. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap melakukan 5M, yakni :

  1. Mencuci Tangan Pakai Sabun
  2. Memakai Masker
  3. Menjaga Jarak
  4. Menjauhi Kerumunan
  5. Mengurangi Mobilitas

Hingga akhir November 2021, data pasien positif COVID-19 di Indonesia mencapai 4 juta kasus dengan total kematian sebanyak 140 ribu jiwa, hal ini tentunya tidak bisa dianggap sepele. Masalah ini tidak hanya tugas pemerintah, tentunta seluruh warga harus tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah melonjaknya kejadian kasus COVID-19 di Indonesia.

Dengan kondisi saat ini, memaksa kita untuk terus berperilaku hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan cara menggunakan masker guna mencegah penyebaran virus covid-19 ini. Kegiatan pembagian masker ini dilakukan dengan cara memberikan masker kepada setiap masyarakat yang ditemui sedang melakukan kegiatan di luar rumah tetapi tidak memakai masker. Sasaran dari kegiatan ini ialah warga kelurahan Patimuan.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Adanya pembagian masker ini, dapat diketahui juga alasan masyarakat kelurahan Patimuan tidak menggunakan masker pada saat beraktifitas di luar rumah. Beberapa dari mereka menganggap Coronavirus Disease (COVID-19) saat ini sudah menjadi hal lumrah, tidak bepergian jauh juga menjadi alasan mereka tidak menggunakan masker pada saat keluar rumah. Yang sebenarnya terjadi, kita tidak mengetahui secara pasti kapan dan dimana kita akan tertular Coronavirus tersebut. Maka dari itu pencegahan penularan harus dilakukan, salah satu cara dengan menggunakan masker ketika sedang beraktifitas dan atau bersosialisasi di luar rumah.

Dengan adanya kegiatan ini, di harapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat kelurahan Patimuan akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker jika sedang melakukan aktifitas di luar ruangan. Dengan kita memulai menjaga diri kita, terdapat satu harapan pula dengan menurunnya angka kejadian positif COVID-19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan