Mohon tunggu...
Nasha UJ
Nasha UJ Mohon Tunggu... Penulis - Full-Time Learner

Lulusan MSDM. Mantan Kreatif. Memproses Sustainable Motherhood. Menulis jg di salamnasha.com

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Hal Utama yang Perlu Dilakukan untuk Memaksimalkan Kecantikan Diri

23 November 2022   09:53 Diperbarui: 23 November 2022   10:01 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perbincangan tentang kecantikan perempuan seperti tidak ada habisnya. Banyak istilah yang muncul seperti wajah glowing, body goals, awet muda, dan deretan pencapaian lainnya. Mengglorifikasi hal itu membuat perempuan semakin rentan dengan standar kecantikan sosial yang terus bertambah dan meningkat. Padahal, tidak mungkin setiap perempuan bisa mencapai itu. Starting point dan resource- nya jelas berbeda, sebut saja tiga hal dasar seperti waktu, tenaga, dan biaya. Lagipula, tidak ada keharusan juga sih, setiap kita berhak menentukan ingin tampil seperti apa.

Nah, sebenarnya cantik itu gak punya kriteria pasti, kita aja yang menentukan mana yang kita mau untuk menyebut itu cantik, dan definisi itu sebenarnya berbeda-beda juga disetiap orang. Maka, lebih tepat untuk kita tidak hanya memiliki tujuan cantik, tapi lebih dari itu, memiliki tujuan sehat baru bisa berpenampilan menarik.

Sebelum mempraktikkan kiat-kiat kesehatan dan kecantikan yang bertebaran diluar sana, kita perlu empat dasar ini terlebih dahulu supaya bisa memaksimalkan apa yang kita usahakan nanti.

1. Nrimo Ing Pandum

Meminjam istilah Jawa, yang artinya menerima sepenuhnya. Akan percuma kita melakukan segala tips dan treatment kesehatan dan kecantikan kalau kita tidak bisa menerima apa yang ada pada diri kita. Akan ada saja salahnya, ada saja kurangnya. Bukan hal yang mudah dan perjalananya panjang, tapi ini dulu yang perlu diusahakan.

Mulai berani berkaca lihat lekat-lekat setiap jengkal tubuh, terima. Oh, bentuk tubuhku begini, warna kulitnya seperti ini, jenis rambuku begini. Setiap bagiannya adalah bentuk terindah yang Tuhan kirimkan, yang keseluruhanny membentuk siapa aku. Terima, dengan lapang hati, terima.

2. Jejak Perjalanan Waktu

Seiring berjalannya waktu, dengan semakin panjangnya apa yang sudah ia tempuh, semakin banyak yang ia lakukan, perubahan itu akan ada. Jelas, pasti. Daripada berusaha untuk melawan, lebih baik menjadikan itu sebagai jejak perjalanan. Oh, aku pernah berusaha melakukan yang belum bisa lalu terjatuh. Oh, pernah ada kehidupan lain didalam tubuhku. Oh, hormonku juga tidak stabil. Namun berkat semua itu, sekarang aku sampai dititik ini.

Bukan berarti kita memasrahkan, ada yang bisa kita cegah, kurangi, hindari, ada yang dari masa lalu menjadikan kita sekarang. Pahami sebab-akibat dari apa yang kita lakukan ke tubuh. Seperti, makanan sehat tentu akan menghasilkan kulit yang lebih sehat juga.

sumber gambar Pixabay
sumber gambar Pixabay

3.Menjalin Hubungan Baik

Menjaga lingkungan baik yang ada disekitar juga penting dilakukan, karena akan mendukung kita ke jalan baik yang akan kita tempuh. Mereka yang mendukung akan membuat kita merasa aman, dan lebih yakin dengan yang kita jalani. Efeknya bisa lebih percaya diri, dan terlihat di penampilan. Maka jangan ragu berbuat baik ya, sama orang terdekat bahkan sama orang asing sekalipun, senyum aja deh minimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun