Setelah cukup banyak menerima materi tentang teknik penggalian data, mengenal profil madrasah ideal dan juga menggali data tentang iklim pembelajaran di madrasah,  peserta Peningkatan Kapasitas ASN kelas Akreditasi hari ini Sabtu 30 November 2024 melakukan studi lapangan ke madrasah yang sudah ditentukan oleh panitia.  Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Madinatunnajah di Jombang Kota Tangerang Selatan, Banten adalah salah satu Satuan Pendidikan yang menjadi sasaran  kegiatan  studi lapangan. Di sini ada juga Madrasah Aliyah, Tsanawiyah dan Raudhatul Athfal yang memiliki nama sama yaitu Madinatunnajah,  karena semua Satuan Pendidikan di komplek ini berada dalam wadah Pondok Pesantren Madinatunnajah.
Di pondok pesantren ini kami diterima oleh Pimpinan Pondok dan para kepala madrasah, kecuali Raudhatul Athfal yang memang tidak menjadi sasaran.  Kepala Madrasah Ibtidaiyah agak terlambat bergabung,  karena hari ini di tingkat Ibtidaiyah ada  Pentas Seni dan Perayaan P5RA atau Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin yang sedang berlangsung di aula pondok pesantren. Memang ketika kami masuk pintu gerbang pondok begitu ramai para peserta didik MI beserta orangtua dan gurunya di sekitar aula.
Beberapa catatan penting yang bisa dirangkum oleh kawan-kawan kami di kelompok 6 yang bertugas di madrasah Ibtidaiyah adalah terdapat pendidik yang menyediakan sosial emosional bagi peserta didik dalam proses pembelajaran, pendidik mampu mengelola kelas untuk menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman, efektif dan bermakna, serta memfasilitasi pembelajaran yang membangun keimanan, ketakwaan  dan komitmen kebangsaan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H