Mohon tunggu...
sakinah assegaf
sakinah assegaf Mohon Tunggu... Mahasiswa Farmasi

Mahasiswa S1 Farmasi Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Upaya Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 Terkait PHBS, Penggunaan Masker, dan Social Distancing

13 Juli 2020   10:51 Diperbarui: 13 Juli 2020   11:15 92 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Upaya Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 Terkait PHBS, Penggunaan Masker, dan Social Distancing
KKN C0vid-19 UNS | dokpri

  (SURAKARTA, Juni 2020) Tahun 2020 merupakan tahun dimana seluruh dunia mengalami kelumpuhan sesaat karena wabah yang yang menyebar yaitu pandemi virus COVID-19. Virus ini menyebar dengan cepat sehingga memakan banyak korban di seluruh dunia termasuk di indonesia. Pandemi ini memaksa untuk masyarakat agar melakukan pekerjaan atau kegiatan di rumah dengan metode daring (online). Salah satu kegiatan mahasiswa yang diadakan dan dilakukan dirumah dengan metode daring yaitu KKN COVID-19 UNS (#KKNCovid-19). Program dilakukan sebagai pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan protokol kesehatan covid-19 dan dapat diterapkan secara efektif di daerah masing-masing mahasiswa.

Salah satu mahasiswa yang melaksanakan KKN Era Covid-19 berasal dari Program Studi S1 Farmasi FMIPA yaitu Sakinah. Dimana KKN ini dimulai tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2020 di RT 04/RW 02 kelurahan Sangkrah, kecamatan Pasar Kliwon, kota Surakarta. "Untuk KKN pada periode tahun ini mungkin cukup berbeda tetapi tujuannya masih sama yaitu untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat. Namun, pengabdian ini dilakuakan sesuai dengan protokol kesehatan dan pengabdian bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait perubahan kehidupan di era New Normal akibat wabah virus COVID-19. KKN yang telah dijalankan tidak ditemukan adanya kendala yang besar, namun masih terdapat beberapa warga yang kurang mengetahui pentingnya menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari (era New Normal) dan menganggap ringan terkait wabah ini" ujar Sakinah.

Pembuatan tempat cuci tangan umum didaerah sekitar pemukiman | dokpri
Pembuatan tempat cuci tangan umum didaerah sekitar pemukiman | dokpri
Sosialisasi Covid-19 lewat Poster | dokpri
Sosialisasi Covid-19 lewat Poster | dokpri
Pembagian Masker dan Leaflet Edukasi Covid-19 | dokpri
Pembagian Masker dan Leaflet Edukasi Covid-19 | dokpri
Tema besar yang diusung adalah "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19". Di mana program kerja yang dilaksanakan berupa, sosialisasi seputar Covid-19 seperti kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), info-info dan istilah-istilah penting seputar Covid-19, cara menggunakan masker yang baik, cara cuci tangan yang benar, social atau physical distancing dan lain sebagainya melalui media sosial berupa Whatsapp dan Instagram. Selain itu juga dilakukan pembagian masker kain disertai  leaflet edukasi terkait pencegahan COVID-19, pembuatan dan pemasangan poster serta banner terkait edukasi COVID-19, dan pebuatan tempat cuci tangan dengan sabun secara gratis untuk warga sekitar. Kegiatan ini berjalan atas dukungan masyarakat, Ketua RT dan RW setempat serta Dosen Pembing Lapangan, Ibu Prof.Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani S.H.,M.M.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x