Mohon tunggu...
SAKINAH
SAKINAH Mohon Tunggu... Guru - Waka Kurikulum SMA Negeri 1 Pekalongan

Guru Fisika di SMA Negeri 1 Pekalongan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Demonstrasi Kontekstual Nilai dan Peran Guru Penggerak

21 September 2022   11:17 Diperbarui: 21 September 2022   11:24 649 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar 1 : pemetaan siswa diawal KBM (Dokpri)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berupaya memajukan pendidikan Indonesia dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik melalui Program Guru Penggerak.

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru Penggerak menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yaitu, Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif

Seorang guru penggerak harus mempunyai peran sebagai berikut , mampu :

  • Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
  • Menjadi pendamping bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  • Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  • Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah

Untuk bisa melakukan amanah besar tersebut seorang guru penggerak  terlebih dahulu harus paham benar beragam kompentensi utama dari guru penggerak, yakni sanggup memimpin pembelajaran, mengembangkan diri dan orang lain, memimpin manajemen sekolah, memimpin pengembangan sekolah, dan  harus paham  pula tentang nilai- nilai yang mutlak melekat pada sosok guru penggerak yakni, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid.

gambar 2 : happy teacher happy student (Dokpri)
gambar 2 : happy teacher happy student (Dokpri)

gambar 3 : happy teacher happy student  (Dokpri)
gambar 3 : happy teacher happy student  (Dokpri)

Mandiri adalah nilai seorang Guru Penggerak senantiasa mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya. Bersikap mandiri juga berarti mampu mendorong dirinya sendiri untuk bergerak melakukan inovasi dan perubahan.

Reflektif adalah nilai seorang Guru Penggerak yang senantiasa mampu untuk memaknai setiap pengalaman yang ia temui. Setiap pengalaman yang ia miliki dapat ia amalkan dalam kehidupannya sehari-hari. Guru Penggerak yang memiliki sifat ini berarti mampu mengevaluasi kesan positif dan negatif yang ia alami tersebut sehingga refleksi ini mampu menjadi pembelajaran di masa depannya.

Kolaboratif adalah nilai seorang  Guru Penggerak senantiasa membangun hubungan kerja yang positif terhadap rekanan dan pemangku kepentingan yang berada di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Ia mampu membangun kerja sama dan rasa hormat terhadap perbedaan.

Inovatif adalah nilai seorang Guru Pengerak yang berarti senang memberikan ide-ide baru yang membangun dan bervariasi. Seorang Guru Penggerak dituntut mampu untuk menemukan solusi tepat guna untuk menyelasaikan masalah yang timbul. Ia pun bersikap terbuka terhadap masukan dan gagasan orang lain untuk mencapai solusi yang solid untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan