Mohon tunggu...
Said Zadaan Firstiansyah
Said Zadaan Firstiansyah Mohon Tunggu... My Name is Didan

Hai, This is my new account

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Pentingkah Etika pada Perkuliahan Daring?

9 Maret 2021   18:10 Diperbarui: 9 Maret 2021   19:17 73 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingkah Etika pada Perkuliahan Daring?
Seorang mahasiswa sedang melakukan kuliah daring. (dokpri)

Di masa pandemi seperti ini, perkuliahan online atau daring memang menjadi solusi dimana tidak adanya kuliah tatap muka. Sistem kuliah daring sudah diterapkan oleh seluruh universitas yang ada di Indonesia. Untuk pelaksanaan ujian kompetensi atau pengumpulan tugas juga dilakukan melalui sistem online dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merupakan salah satu universitas yang sudah selangkah lebih maju dibandingkan dengan universitas lain karena mereka menggunakan aplikasi MyKlass untuk memudahkan mahasiswa mereka melakukan segala aktivitas kuliah dari rumah. Dan sejalan dengan penerapan kuliah daring, muncul berbagai dampak baik positif maupun negatif. 

Banyak pro kontra dengan perkuliahan daring ini, contoh dari kontra tentang perkuliahan daring adalah mulai dari koneksi internet yang tidak stabil hingga etika mahasiswa yang kurang sopan terhadap dosen. 

Untuk pro pada perkuliahan daring ini sendiri adalah di mana para mahasiswa dapat mendengarkan penjelasan dosen dengan sangat jelas walaupun feedbacknya masih sering kurang, tetapi penyampaian dosen pada mahasiswa masih bisa diterima dengan sangat jelas. 

Membahas mengenai etika pada perkuliahan online ada beberapa yang harus kita perhatikan mulai dari segi pakaian sampai pada sikap atau perilaku kita pada dosen. 

Dimulai dari segi pakaian, perkuliahan daring bagi mahasiswa memang hanya untuk duduk, menggunakkan pakaian yang rapi dan sopan, open cam, dan memerhatikan dosen yang sedang menjelaskan. 

Penggunaan pakaian yang bebas rapi dan sopan memang menjadi kewajiban seorang mahasiswa dalam  mengikuti kuliah online atau daring. Hal kedua yang harus diperhatikan dalam perkuliahan daring adalah sikap kita yang harus sopan dan juga santun dalam menjawab pertanyaan dari dosen. Misal seperti penggunaan kata yang sopan dan mudah dipahami. 

Untuk etika selanjutnya yang harus diperhatikan adalah posisi duduk kita yang harus menghadap kamera dan tidak diperbolehkan melakukan aktivitas yang lain seperti menyetir, makan, berjalan, dsb. 

Pada perkuliahan daring ini kita harus menyediakan alat alat yang propper atau tepat seperti misal laptop, handphone, dan juga alat komunikasi digital yang lain yang mampu digunakan dalam berkomunikasi secara daring. Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam kuliah daring yaitu kita harus fokus pada materi yang sedang dijelaskan. 

Tidak sedikit juga mahasiswa yang melakukan kegiatan atau aktivitas lain di luar perkuliahan daring yaitu ada yang ditinggal tidur atau ada yang melakukan aktivitas lain yang intinya mengabaikan materi yang sedang dijelaskan oleh dosen. 

Terakhir yang perlu diperhatikan dalam perkuliahan daring yang termasuk dalam sikap kesopanan yaitu kita dapat memngucap terimakasih kepada dosen jika dosen sudah mengakhiri perkuliahan.  

Dengan begitu kita bisa memberikan feedback kepada dosen supaya terjadi komunikasi yang dua arah. Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perkuliahan daring atau online, karena beberapa hal diatas masih sering diabaikan oleh para mahasiswa karena dengan begitu etika sangat harus benar benar diperhatikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN