Mohon tunggu...
Salas IlmaNafian
Salas IlmaNafian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

>

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keislaman

3 Desember 2021   14:47 Diperbarui: 3 Desember 2021   14:55 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan kewarganegaraan atau civic educational pada Indonesia artinya salah  satu sarana unuk  mencapai tujuan pendidikan nasional yang tercantum pada pasal 3 Nasional, nomor  20 tahun 2003 yang  mengatakan  tentang tujuan  pendidikan. Pendidikan kewarganegaraan membawa misi pendidikan moral bangsa, membuat warga  Negara yg cerdas, demokratis, dan  berakhlak  mulia. 

Sedangkan visi pendidikan kewarganegaraan merupakan mewujudkan proses pendidikan yg terarah sehingga mengakibatkan warga  Negara yang partisipatif dan  bertanggung jawab dan   menghasilkan  rakyat Negara Indonesia yg  bertingkah laris berdasarkan nilai-nilai pancasila dan  karakter-karakter positif masyarakat serta bangsa Indonesia. 

Pendidikan  kewarganegaraan dibentuk dari istilah "pendidikan" serta istilah "kewarganegaraan". berdasarkan Departemen Pendidikan Nasional atau Depdiknas, pendidikan kewarganegaraan sudah diamanatkan sang Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 yg menyebutkan bahwa pendidikan kewarganegaraan ialah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan masyarakat Negara yang bisa tahu serta melaksanakan hak-hak serta kewajiban buat sebagai masyarakat Negara Indonesia yg berkarakter, cerdas, serta terampil pada berbagai aspek.

Pancasila menjadi dasar negara berarti nilai-nilai Pancasila menjadi panduan normatif bagi penyelenggaraan bernegara. Konsekuensi berasal rumusan ini yaitu seluruh aplikasi dan  penyelenggaraan pemerintahan negara Indonesia termasuk perundang-undangan haruslah adalah pencerminan asal nilai-nilai Pancasila. 

Dengan kata lain, penyelenggaraan negara pada Indonesia mengacu pada hal-hal yg tidak boleh menyimpang dari nilai-nilai Ketuhanan, nilai-nilai perikemanusiaan, nilai kesatuan, nilai-nilai kerakyatan, serta nilai-nilai keadilan (Kamilati, 2019).

Pengakuan adanya yang kuasa yg Maha Esa, menjamin penduduk buat memeluk kepercayaan  masing-masing serta beribadah dari agamanya, tidak memaksa rakyat negara buat beragama, namun diwajibkan memeluk kepercayaan  sinkron aturan yang berlaku. Melihat asal paragraf pada atas disebutkan bahwa pengakuan adanya tuhan yang Maha Esa, berarti ini merujuk kepada QS. Al-tulus ayat 1, yg mengungkapkan bahwa Allah SWT ialah Esa.

merupakan : Katakanlah: "Dialah Allah, yg Maha Esa".

berdasarkan peneliti bahwa pernyataan di atas "tidak memaksa rakyat negara buat beragama". Secara tidak pribadi bahwa warga  negara Indonesia tidak memaksa pada warganya buat memilih agamanya. Hal ini dijelaskan dari Islam sesuai menggunakan QS. Al-Baqarah ayat 256

adalah : "tidak ada paksaan buat (memasuki) kepercayaan  (Islam); sesungguhnya sudah jelas jalan yg benar daripada jalan yg sesat. sebab itu barang siapa yg ingkar kepada Tagut serta beriman pada Allah, maka sesungguhnya beliau telah berpegang pada buhul tali yg amat kuat yang tidak akan putus. dan  Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

Pancasila ialah pedoman nilai dasar dan  ideologi negara yg wajib  dijunjung tinggi sang bangsa Indonesia (Kamilati, 2019). NKRI adalah negara merdeka yang berdaulat. buat mencapai suatu tujuan negara yg adil, makmur serta sejahtera maka dibutuhkan pemerintahan yang berlandaskan iman kepada Allah SWT. Pemerintah harus memberikan pada rakyatnya buat selalu menanamkan perilaku syukur kepada Allah swt. 

Semakin kita mensyukuri nikmat yg Allah berikan pada kita, maka Allah akan menyampaikan keberkahan pada hidup kita termasuk kemakmuran suatu negeri. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran surah Ibrahim ayat 7

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan