Mohon tunggu...
Sailil Rohmah
Sailil Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa

English Department

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang Gelar "Festival Anak Sholeh"

12 Februari 2021   13:22 Diperbarui: 12 Februari 2021   13:42 56 1 0 Mohon Tunggu...

Kamis (11/02/2021), Mahasiswa KKN MIT DR Kelompok 23 menggelar Festival Anak Sholeh (FASEH) di Dusun Kluwak, Desa Gonoharjo Kecamatan Limbangan-Kendal. Festival ini diadakan untuk mengobati rasa kejenuhan anak-anak yang sudah hampir satu tahun belajar dari rumah selama pandemi. Ada 3 macam lomba dalam festival ini, yaitu lomba Muhafadhoh (menghafal surah-surah pendek), lomba Ranking 1 dan lomba pukul air. Dan Peserta lomba dalam Festival ini ditujukan untuk anak SD, kebetulan juga di Dusun Kluwak banyak anak-anak yang masih duduk dibangku SD. Mereka sangat berantusias untuk mengikuti lomba sampai berebutan daftar dan lucunya ada yang menangis gara-gara terlambat daftar.

Acara dimulai sekitar pukul 08.00 pagi. Karena terlalu antusias, mereka sudah siap dari jam 07.00 lalu mendatangi Mahasiswa KKN untuk segera memulai acara. Satu persatu peserta lomba berdatangan ke TPQ untuk melakukan daftar ulang dan menulis jenis lomba yang akan diikuti, karena semangat anak-anak tinggi maka mereka semua mengikuti setiap lomba. Acara festival ini diawali oleh sambutan dari salah satu mahasiswa KKN selaku Koordinasi Desa di Kelompok 23. TPQ menjadi  tempat 2 perlombaan yaitu Muhafadhoh dan Ranking 1, sedangkan perlombaan pukul air bertempat di lapangan voli.

Perlombaan yang dilaksanakan pertama kali adalah Muhafadhoh, khusus lomba hafalan ini panitia KKN mengajak 2 orang pengajar TPQ untuk menjadi juri. Sistem lomba hafalan ini yaitu setiap peserta wajib menghafalkan surah wajib (Al-Ikhlas) lalu mengambil undian untuk soal hafalan. Rata-rata peserta muhafadhoh belum lancar sampai Ad-Dhuha, namun semangat dan keberanian mereka menunjukkan kemampuan masing-masing patut di acungi jempol.

Setelah lomba muhafadzhoh selesai, lanjut lomba Ranking 1. Dalam perlombaan ini yang menjadi juri adalah mahasiswa KKN sendiri. Role play dari perlombaan ini yaitu menggunakan sistem gugur, maksudnya yang jawab salah langsung keluar. Terkait pertanyaan yang diajukan ke peserta tentunya mengenai pengetahuan anak SD namun soalnya lebih dominan ke pengetahuan Islami sesuai acara Festival Anak Sholeh.

Selanjutnya lomba yang terakhir ini yang paling dinanti-nanti oleh peserta yaitu lomba pukul air. Perlombaan ini sebenarnya tidak termasuk dalam kategori lomba anak sholeh, tapi perlombaan ini untuk hiburan dan seru-seruan.

Akhirnya, FASEH berlangsung dengan lancar. Semoga dengan diadakannya acara ini bisa menginspirasi banyak pihak terutama bagi peserta yang sudah berkenan berpartisipasi. Kami berharap acara ini bisa membekas dengan baik bagi anak-anak agar mereka kedepannya menjadi lebih bersemangat berkompetisi dalam prestasi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x