Mohon tunggu...
Sahrul Budiman
Sahrul Budiman Mohon Tunggu... Lainnya - Blogger Newbie Lampung

Seorang Blogger Newbie Lampung yang gemar menulis dan berbagi pengetahuan dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Cara Mengatasi Failed Incompatible Partition Flash SPC L60

25 November 2020   15:20 Diperbarui: 25 November 2020   15:23 3939
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Untuk Pertama Kalinya saya mengalami kesulitan yang cukup membuat saya pusing tujuh keliling dalam pengerjaan Flashing perbaikan Android. Pasalnya pada proses pengerjaan flashing Android SPC L60 yang mengalami kendala BootLoop Stuck Mentok di Logo ada saja error pada saat proses flashing.  

Untuk type error yang saya alami pada saat proses flashing diantaranya:

  • Error NV_LTE
  • Error ProdNV_
  • Error PhaseCheck
  • Failed Wait Input Time Out
  • Not Enabled Write Flash
  • FDL 2=Incompatible Partition
  • NV Data In Device Is Crashed
  • NV_WCN=Failed Uart Send Error
  • NV_W=Write Flash Failed


Masalah Error tersebut di atas silih berganti setelah saya mencoba menerapkan cara untuk mengatasi masing-masing error yang terjadi misalnya saja dengan skip opsi Backup Flash Modem dan IMEI, ganti komputer, serta berganti versi SPD Tool Flasher. Adapun Error terakhir mentok di FDL 2= Incompatible Partition. Berikut ini dokumentasi error pada saat flashing SPC L60 hingga sampai 2 hari proses pengerjaannya:


Android SPC L60 tersebut sempat saya kembalikan ke konter yang oper service ke saya, namun karena saya merasa penasaran setelah saya tanyakan ternyata belum diambil pemiliknya di pagi harinya saya ambil lagi untuk saya coba eksekusi. Percoban hari kedua cukup melelahkan dari pagi hingga siang hari tidak membuahkan hasil meskipun sudah berganti-ganti SPD Flashtool.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Karena beban moral dimana Android tersebut Mati Total sesetelah saya eksekusi dan sebelumnya masih hidup meskipun hanya stuck di logo saya tetep berusaha bagaimana caranya agar bisa hidup lagi minimal kembali ke keadaan asalnya.

Setelah  berulang kali gagal dan saya tetep mencoba melakukan flash, akhirnya usaha keras saya terbayarkan. Android SPC L60 bisa kembali hidup meskipun hanya mentok di Logo. Alhamdulillah paling tidak sudah mengurangi beban mental saya kepada Konter dan Pemilik HP:


Saya pun terus mencoba dengan berganti-ganti SPD Flash Tool baik itu SPD Research Upgrade Download Tool dan SPD Factory Download Tool serta frimware SPC L60 itu sendiri. Ahamdulillah pada akhir akhirnya SPC L60 bisa kembali hidup menyala dengan normal.

Kesimpulan: 

Android yang menggunakan chipshet Spectrum dimana dalam proses flashnya menggunakan SPD Research Download Tool dan SPD Upgrade Download Tool ketika mengalami error gagal flashing apalagi sampai mati total belum tentu emmcnya yang bermasah. Bisa jadi disebabkan karena Versi Frimware yang tidak compitable dan versi update SPD Flash Tool yang tidak tepat. Kedua hal ini sangat berpengaruh, apabila kalian mengalami kasus yang sama seperti yang saya alami cobalah untuk ganti-ganti Frimware dan juga SPD Flash Toolnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun