Sahroha Lumbanraja
Sahroha Lumbanraja karyawan swasta

Family Man, perantau di Jakarta. Menulis adalah saat terbaik saya menikmati waktu. twitter @sahroha. No Fanatisme. Jujurlah! Karena itu yang akan membuatmu berbeda dengan 'mereka'\r\n\r\nEmail: Sahrohal.raja@ymail.com

Selanjutnya

Tutup

Hiburan highlight

Ini Sahur Acara Paling Populer di Bulan Ramadhan

19 Juli 2014   18:06 Diperbarui: 18 Juni 2015   05:53 9076 0 0
Ini Sahur Acara Paling Populer di Bulan Ramadhan
Indro Warkop Satu Frame dengan haruka JKT48 (image/blogspot.com)

Bulan Ramadhan tahun ini memang terasa lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan banyaknya peristiwa penting yang terjadi menghiasi bulan suci agama Islam ini. Mulai dari euphoria Pemilihan Presiden yang hingga saat ini masih menjadi topik hangat, konflik di jalur Gaza hingga yang baru-baru saja terjadi yakni Dukacita Korban jatuhnya pesawat Malaysia dengan nomor penerbangan MH17. Tak hanya itu saja, Kemeriahan Ramadhan juga menjadi agenda wajib di layar televisi. Mulai dari

Global TV, Mnc Tv, RCTI dan yang lainnya. Rasanya tak ada satupun stasiun televisi yang tidak menayangkan

jadwal acara televisi khusus Ramadhan. Mulai dari Sahur, Ngabuburit, Kultum, hingga Acara berbuka Puasa ramai di televisi dan siap menemani sahabat muslim berpuasa agar tetap semangat dan terhibur. Tak hanya acara televisi, Artis-Aktor yang menjadi pekerja dunia hiburan juga berlomba-lomba membuat karya-karya Islami. Maka bermunculanlah acara hiburan yang dibungkus dengan nama Islami, Sinetron religi, Reality Show, Ajang Pencarian Bakat Da’I Junior dan Senior, Dakwah hingga aneka Perlombaan lainnya. Bagaimana sambutan Pemirsa Televisi?

Tahun lalu, Trans Tv berhasil mencatatkan diri sebagai Televisi paling banyak ditonton di acara Ramadhan melalui acara Variety Shownya Yuk Kita Sahur (YKS). Sukses YKS di bulan Ramadhan akhirnya membuat acara tersebut dilanjutkan pasca Lebaran. Sayangnya, acara ini terlalu kontroversial dengan materi komedi yang dibawakan pengisi acaranya yang ‘kurang sehat’. Sehingga kontroversi humor yang hampir tiap hari mengalir dan berkumandang di acara ini resmi berakhir pasca penghinaan terhadap seniman Betawi, Benyamin S dan kemudian ditutup oleh Komisi Penyiaran Indonesia bulan lalu. Namun hal ini tak serta merta membuat tim produksi Trans Tv patah arang. Di ramadhan kali ini, Televisi grup Transmedia ini menayangkan dua Variety Show khusus ramadhan, yakni Program acara ‘Ngabuburit’ dan ‘Sahurnya Ramdhan’. Melihat kedua acara ini, tak ada bedanya dengan materi YKS dulu. Konsep presenter keroyokan dan materi humor melecehkan hingga saling mengumbar kehidupan pribadi untuk menjadi bahan tertawaan tetap menjadi objek yang dijual. Tak ketinggalan, hampir semua pengisi acaranya sama yang sudah otomatis kualitas acara juga sama persis. Kabar baiknya, pemirsa televisi tampak mulai bosan dengan acara sejenis sehingga acara-acara ini tak se-hits YKS dulu. Malang buat Trans Tv!. Lalu apakah acara Ramadhan yang paling popular tahun ini?

Cover Ini Sahur (image/netmedia.co.id)

Komedian, Sule tampaknya menjadi yang paling popular di Ramadhan kali ini dengan acara yang dibawakannya, INI SAHUR yang ditayangkan NET TV. di jam sahur. Acara Talkshow ini memang menjadi program paling berbeda dari acara-acara Sahur lainnya. Menggandeng Komedian senior, Indro Warkop, Sule berhasil mengubah acara Talkshow yang biasanya membosankan menjadi lebih ceria, menghibur dan tetap menginspirasi. Materinya adalah acara bincang-bincang santai dengan Bintang tamu yang berganti-ganti dari beraneka ragam Profesi. Panggung disulap layaknya ruang tamu dimana yang menjadi Tuan Rumah adalah Sule, lengkap dengan Anggota keluarganya. Artis senior Yurike, sebagai ibu. Komedian Saswi, sebagai ‘Mamang’ (paman-red) , Angel Karamoy sebagai asistent Rumah Tangga hingga kemunculan Nabilah dan Haruka, Personel Girlband JKT48 sebagai keponakan Sule yang kian menambah lucu dengan keluguannya. Tanpa melupakan unsur religinya, Ini Sahur juga selalu menghadirkan Ustadz yang diberikan durasi untuk memberikan ceramah singkat.

Ini Sahur juga menjadi acara televisi yang sangat unik dengan penggabungan tiga generasi artis dalam satu Frame, yang jarang dilakukan oleh televisi lain. Kemunculan Indro ‘Warkop’ , Bolot dan Yurike, yang merupakan artis tahun 1990-an bisa jadi menjawab kerinduan Penonton dengan ciri khas lawakan bermutu periode itu. untuk sekedar bernostalgia, rentang usia 30 tahun ke atas mungkin menjadi sasarannya. Kemudian Sule yang menjadi salah satu komedian besar saat ini dengan banyak penggemar menjadi magnet paling besar untuk meraih penonton berbagai kalangan usia. Kesuksesan Ini Sahur memuaskan penontonnya dan menjamin acara ini aman disaksikan segala usia makin jelas dengan menghadirkan idola remaja, Haruka dan Nabilah JKT48. Singkatnya, Ini Sahur menjadi tayangan paling komplit!

Indro

Melalui Talkshow dengan bintang tamu yang hadir dengan cerita-cerita menginspirasi di acara ini penonton dapat termotivasi untuk selalu berkarya. Pesan yang disampaikan juga dibungkus dengan cita rasa humoris sehingga obrolan tetap santai dan mengalir secara natural. Jangan membayangkan Sule dan Indro akan melawak layaknya pengisi acara di YKS dan sejenisnya. Karena apabila ‘keceplosan’ merendahkan lawan main, amka akan diberikan sanksi di acara ini. Intinya, saling menghujat dan melecehkan TERLARANG di acara ini. Jadi yang tersisa adalah Hiburan sehat dan berisi ala Indro-Sule-Haruka.

Sedikit Testimonial Tweeps:

1405741922834596164
1405741922834596164
Screenshoot Twitter #inisahur

Memasuki episode yang ke 21 pada Sabtu (19/7) subuh, Ini Sahur masih menjadi Trending Topik Worldwide di twitter. Ini bukan kali pertama, jika mengamati alur topik paling hangat di media twitter pada jam-jam sahur hampir setiap hari acara berdurasi dua jam ini selalu menjadi topik paling banyak diperbincangkan. Bukan Rahasia lagi, Media siosial twitter sebagai salah satu media sosial paling banyak digunakan saat ini bisa menjadi tolak ukur untuk mengamati popularitas suatu acara televisi. Sejauh ini, dari semua acara sahur di televisi hanya Ini Sahur yang konsisten menempati posisi sebagai topik yang nangkring di Worldwide. Selamat untuk Net Tv!

Sebagai Hiburan paling ekonomis dan terjangkau bagi masyarakat di seluruh pelosok negeri, Televisi memang seharusnya dituntut untuk menayangkan program acara yang tidak sekedar berisi hiburan namun harus tetap edukatif dan taat norma-norma kesopanan. Bagaimanapun juga, Televisi dapat doptimalkan dan paling potensial untuk mencerdaskan pola pikir masyarakat secara cepat dan meluas. Sayangnya konten televisi kita jauh dari harapan-harapan itu. Menjamurnya acara tidak berkualitas menjadi ancaman tersendiri yang berbuntut pada pembodohan pola pikir masyarakat. Karena acara yang ditawarkan seragam, masyarakat mau tidak mau menontonnya demi alasan hiburan saja, Pembodohan itupun terjadi dan mengalir selama acara-acara tak berkualitas eksis di televisi kita. Untuk itu, sebagai penonton televisi kita dituntut untuk lebih kritis dan lebih cerdas untuk memilih dan memilah tayangan yang pantas ditonton. Dan demi membudayakan tayangan berkualitas di televisi, acara INI SAHUR mungkin menjadi salah satu alternative terbaik untuk mendapatkan Hiburan yang tak sekedar mengocok perut namun harus tetap mengisi otak dan Inspirasi. Berita baiknya, Popularitas acara ini yang mengalahkan acara sahur dengan komedi ‘kurang sehat’ di televisi sebelah menjadi ndikasi bahwa masyarakat pemirsa televisi mulai cerdas dalam memilih tayangan. Semoga saja ini berlanjut, sehingga televisipun berlomba untuk menanyangkan acara yang berkualitas saja. Selamat untuk Ini Sahur!