Mohon tunggu...
Sahnal A. Hasibuan
Sahnal A. Hasibuan Mohon Tunggu...

Memasuki dunia otomotif sejak SMK. Pernah mandapatkan pendidikan dan pelatihan Teknisi mobil di Mercedes-Benz Indonesia selama 3 tahun. Pernah juga mengajar di salah satu SMK N dengan materi Tehnik Sepeda motor. Membagi ilmu adalah kesenangan tersendiri bagi saya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

3 "FU" Sebelum Berangkat Kerja dengan Sepeda Motor

20 Januari 2019   23:17 Diperbarui: 20 Januari 2019   23:25 0 1 0 Mohon Tunggu...

Banyak sekali terjadi kejadian di jalan atau di perjalanan saat berkendara seperti kecelakaan karena rem blong, di tilang polantas karna lampu sepeda motor mati atau mesin yang tiba-tiba mogok. Oleh karena itu saya akan membagikan 3 hal penting sebelum menggunakan kendaraan misalnya sepeda motor. 3 hal tersebut yaitu "3 FU"

1.FU yang pertama adalah "FUREM" yaitu  FUngsi REM. Sepeda motor sebagai kendaraan bermotor yang banyak digunakan orang-orang di seluruh dunia untuk saat ini. Ada beberapa sistem yang terdapat pada sepeda motor contoh nya sistem rem. Sistem rem berfungsi untuk memperlambat kendaraan hingga dapat berhenti, disamping itu juga untuk mengendalikan kendaraan saat digunakan. Perlu kita ketahui bahwa sistem rem adalah safety system atau sistem keselamatan dan keamanan yang mana inti dari fungsinya ialah dapat menciptakan keamanan untuk pengendaraa dan orang-orang pengguna jalan lainnya. Jadi bisa di bayangkan betapa penting,perlu, dan bergunanya fungsi dari sistem rem ini.

Maka dari itu sangat perlu untuk memeriksa fungsi rem pada sepeda motor sebelum digunakan. Nah, bagaimana cara yang gampang untuk memeriksa fungsi rem itu ?

Mari kita mulai....!

Saat anda ingin mengeluarkan sepeda motor anda dari rumah atau garasi, naikilah sepeda motor anda. Ketika anda mendorong sepeda motor anda hingga bergerak, injaklah pedal rem atau tariklah hendel rem dan apabila sepeda motor berhenti seketika, fungsi rem sepeda motor anda masih bagus dan layak untuk digunakan.

Tetapi jika berhenti nya perlahan atau bahkan tidak berhenti, silahkan bawa sepeda motor anda ke bengkel terdekat. Jangan paksakan untuk tetap menggunakan sepeda motor anda, sebab sistem rem salah satu yang menjamin keselamatan anda dalam berkendara.

2.FU yang kedua adalah "FUSIN" atau FUngsi meSIN. Mesin pada sepeda motor ibarat semua organ penting di dalam tubuh manusia, sehingga perlu untuk selalu di periksa fungsinya. Banyak kejadian di masyarakat dimana orang-orang sering sekali mendapatkan masalah dari mesin kendaraannya saat berkendara di jalan. Seperti mesin tiba-tiba mati, mesin meledak, mesin kehabisan bahan bakar dan lain-lain.

Hal ini dapat terjadi dengan anda apabila anda jarang untuk memeriksa fungsi mesin kendaraan anda sebelum digunakan. Tentu anda tidak mau kejadian seperti itu menimpa anda bukan ?

Maka dari itu, sangat perlu untuk memeriksa fungsi mesin pada sepeda motor anda sebelum digunakan. Nah, bagaimana cara yang mudah untuk memeriksa fungsi mesin ?

Sebelum anda berangkat bekerja atau pergi kuliah sebaiknya nyalakan terlebih dahulu mesin sepeda motor anda sembari memanaskan mesin. Perhatikan apakah mesin bisa distarter dengan tombol starter, jika tidak silahkan gunakan kick starter dan kendaraan anda masih dapat digunakan seperti biasa. Tetapi saran saya aturlah jadwal anda untuk pergi ke bengkel agar sepeda motor anda tadi dapat di perbaiki.

Mengapa harus di perbaiki padahal dengan kick starter saja mesin bisa hidup ?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN