Mohon tunggu...
Pemerintahan

PKH sebagai Upaya Pemberantas Benalu Kemiskinan di Indonesia

2 Maret 2019   16:45 Diperbarui: 2 Maret 2019   17:09 0 0 0 Mohon Tunggu...

Program keluarga harapan (PKH) adalah program Pemerintah yang dilaksanakan sejak tahun 2007. Program ini memiliki tujuan meraih keluarga sejahtera. PKH dibuat tentu saja untuk mengatasi dan memberantas kemiskinan di Indonesia.

PKH diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) secara bersyarat. Ada syarat-syarat yang harus diselesaikan oleh keluarga miskin jika ingin mendapat bantuan sosial dari Pemerintah melalui PKH. Jika syarat-syarat sudah rampung Pemerintah akan memberikan hak kepada keluarga miskin untuk ditetapkan menjadi KPM, setelah itu KPM akan mendapatkan akses bantuan sosial seperti: fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan.

 Dikutip dari website resmi PKH (https://pkh.kemensos.go.id), bantuan sosial PKH tahun 2019 terbagi menjadi dua jenis; pertama bantuan tetap untuk setiap keluarga, bantuan ini terbagi lagi menjadi dua golongan yaitu; reguler bantuan dana sebesar Rp. 550.000,- / keluarga / tahun, dan PKH AKSES bantuan dana sebesar Rp. 1.000.000,- / keluarga / tahun. Kedua, bantuan komponen untuk setiap jiwa dalam keluarga PKH, bantuan ini terbagi untuk tujuh golongan yaitu; ibu hamil, anak usia dini, SD, SMP, SMA, disabilitas berat, dan lanjut usia.

Pemerintah berusaha menyentuh masyarakat melalui program PKH, ini terbukti dengan adanya tunjangan yang diberikan kepada KPM melalui fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan.

Kemiskinan akar benalu negara

Berbicara perihal kemiskinan, dikutip dari website Maxmanroe.com (https://www.maxmanroe.com) pengertian kemiskinan menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) kemiskinan adalah situasi serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat dihindari oleh seseorang dengan kekuatan yang dimilikinya.

Menurut data dari The Spectator Index tahun 2018 mengenai 20 negara dengan jumlah penduduk terbanyak, Indonesia masuk dalam negara dengan populasi penduduk terbanyak nomor empat di dunia dengan jumlah penduduk 265 juta jiwa. Jika dianalisis banyaknya jumlah penduduk di Indonesia, maka akan bertambahnya PR Pemerintah untuk memberantas kemiskinan. Memang tidak semua dari jumlah 265 juta jiwa adalah penduduk miskin, akan tetapi masih ada sepuluh Provinsi yang memiliki angka kemiskinan tertinggi di Indonesia.

Mengutip dari DATABOKS.CO.ID STATISTIC & DATA PORTAL  Provinsi-Provinsi yang memiliki angka kemiskinan tertinggi di Indonesia pada tahun 2018 yaitu: Papua, Papua Barat, NTT, Maluku, Gorontalo, Aceh, Bengkulu, NTB, Sulawesi Tengah, dan Lampung. Hal ini jelas menjadi PR untuk Pemerintah dan Kementerian Sosial, tentunya untuk memberantas kemiskinan di sepuluh Provinsi tersebut guna menyejahterakan masyarakat.

Pemerintah bersama Kementerian Sosial harus tegas dalam menyalurkan bantuan sosial ini (PKH). Bantuan sosial ini tentunya harus tepat sasaran dan menyeluruh, maksudnya adalah tepat tersalurkan kepada seluruh keluarga miskin di Indonesia yang berhak mendapat bantuan sosial PKH. Dengan demikian, tingkat kemiskinan di Indonesia akan terus berkurang. Harus ada pengawasan yang jelas dan konkret terkait program ini, Pemerintah bersama Kementerian Sosial juga harus bijak dalam mengawasi penyaluran dana PKH agar tidak terjadi penyalahgunaan bantuan PKH.       

Laporan dari berbagai sumber berita mengabarkan PKH berhasil mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. Contoh berita dari website SOLOPOS.COM  mengabarkan bahwa adanya penurunan peserta keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Ngawi Jawa Timur dikarenakan keluarga tersebut sudah dinyatakan mampu.                                

Jika melihat perkembangannya, PKH cukup mampu membantu Pemerintah untuk memberantas kemiskinan. Program yang dibuat oleh Pemerintah dan Kementerian Sosial serta didukung peran Komisi VIII DPR RI efektif mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2